Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak Terbaca di Android - Andro-ID

Minggu, 04 Maret 2018

Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak Terbaca di Android

Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak Terbaca di Android - Saya pernah mengalami hal ini ketika mencolokkan flashdisk ke android melalui otg dan tidak terbaca di android redmi note 2 saya. Flashdisk saya ada dua, yang pertama berkapasitas 8 GB dan yang kedua dengan kapasitas 2 GB. Anehnya yang 2 GB malah terbaca di android saya tanpa menemui masalah.


flashdisk tidak terbaca di android

Setelah berburu tutorial dengan cara googling akhirnya saya menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Kenapa kedua flashdisk ini ada yang tidak terbaca di android ? Itu karena kedua flashdisk ini memiliki sistem partisi yang berbeda. Lebih jelasnya sebagai berikut :

  • Flashdisk dengan kapasitas 2 GB atau dibawahnya memiliki sistem partisi FAT32, ini akan otomatis terbaca di android dengan otg.
  • Flashdisk dengan kapasitas 4GB atau lebih memiliki sistem partisi NTFS, ini tidak terbaca di beberapa ponsel android seperti xiaomi redmi note 2 saya.

Lalu bagaimana agar Flashdisk dengan sistem partisi NTFS bisa terbaca ?


Beberapa device mungkin bisa mengenali sistem partisi NTFS, tapi jika tidak  bisa silahkan simak caranya berikut ini :


1. Format Flashdisk


Ketika tersambung di android melalui otg akan ada notifikasi kartu sd rusak, Jika ingin memformat kalian bisa klik notifikasi dan pilih perbaiki kartu sd saya. Cara ini tentunya sangat beresiko kehilangan data di dalam flashdisk kita, ada baiknya backup dulu semua isi flashdisk kita ke pc sebelum memformatnya.


Kalian juga bisa memformatnya melalui PC dengan cara klik kanan flashdisk lalu pilih format, jangan lupa pilih FAT32 untuk file sistemnya meskipun flashdisk berkapasitas 2GB lebih.




2. Menggunakan Custom ROM (Root)


Cara ini tidak saya sarankan karena dengan mengganti custom rom maka semua data di android akan hilang ketika wipe data melalui cwm recovery, seperti : foto, video, musi, atau file lainnya di dalamnya. Namun jika kalian ingin menggunakan custom rom silahkan googling sesuai device dan tipe OS kalian dan cari custom rom yang support NTFS.


3. Dengan bantuan aplikasi (PC)


Cara yang ketiga ini yang akan saya bahas dan sangat saya sarankan. Kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi PC. Karena dengan cara ini kita bisa mengatasi flashdisk OTG yang tidak terbaca di android tanpa harus kehilangan data. Silahkan googling dan unduh aplikasi  Aomei Partition Assistant Full Version. Cari yang Full Version, banyak blog atau website yang menyediakannya.


Setelah instal aplikasinya, colokkan Flashdisk yang tidak terbaca otg ke PC dan ikuti langkah - langkahnya seperti berikut ini.


1. Buka Aplikasi Aomei Partition Assistant Full Version dan pastikan flashdisk terbaca dengan kapasitas yang sesuai dengan isi file di dalam flashdisk kalian.



2. Klik flashdisk kita dan di menu sebelah kiri pilih NTFS to FAT32 Converter.



3. Ikuti Pengaturan seperti gambar berikut ini.




4. Klik Proceed dan tunggu prosesnya, setelah selesai coba colokkan flashdisk yang baru saja kita modifikasi file sistemnya ke android melalui otg.




Sekarang flashdisk kalian akan terbaca tanpa harus kehilangan file atau data di dalamnya.


Sekian tips Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak Terbaca di Android kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda