Cara Root Android dengan Magisk Root - Andro-ID

Senin, 21 Mei 2018

Cara Root Android dengan Magisk Root

Cara Root Android dengan Magisk Root - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara root android menggunakan magisk root. Alternatif root selain superSU ini bisa dikatakan sebagai pilihan terbaik untuk root android anda tanpa mengubah partisi system.


root magisk

Kenapa Kita harus melakukan root dengan Magisk ?


Banyak pertanyaan disini kenapa kita memilih magisk dibandingkan aplikasi root terpopuler seperti SuperSU. Disini saya akan jelaskan tentang kelebihan dan kekurangan root dengan magisk ini, tetapi semua kembali kepada anda akan memutuskan memilih SuperSu ataukah magisk root. Ini tergantung kebutuhan anda sebagai pengguna android.


Kelebihan root menggunakan Magisk dibanding SuperSU :

  • Bisa menyembunyikan akses root untuk aplikasi yang memblokir ponsel root
  • Tetap mendapatkan update OTA Rom original dari developer android anda
  • Compatibel dengan TWRP atau CWM Recovery
  • Tidak mengubah partisi system android anda, jadi dipastikan aman buat anda yang suka oprek android
  • Compatibel dengan berbagai device android

Kekurangan root dengan Magisk root :

  • Instalasi harus lebih berhati - hati karena tidak kompatibel dengan SuperSU
  • Tidak kompatibel dengan Xposed Framework
  • Seperti pendahulunya xposed frameword, Magisk root memiliki fungsi yang sama dalam hal module, namun masih sedikit dibandingkan xposed framework karena tergolong cara root terbaru

Cara Root Android Menggunakan Magisk Root


Harap baca dengan teliti tentang cara root menggunakan magisk root ini, karena kesalahan kecil akan membuat device android anda bootlop. Simak caranya dibawah ini.


Syarat sebelum root menggunakan Magisk :


1. Sudah Terinstal CWM / TWRP recovery


Saya tidak membahas cara ini karena buat anda pengguna android pasti sudah memiliki referensi tentang cara menginstal CWM / TWRP. Sudah banyak blog yang memposting artikel tentang ini, jadi silahkan mencari cara instal CWM / TWRP sesuai device android anda.


2. Uninstal Xposed Framework ( jika anda pengguna Xposed )


Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa root menggunakan magisk tidak kompatibel dengan xposed. Jadi lakukan uninstal xposed dengan menggunakan xposed uninstaller sesuai dengan arsitektur ARM device anda. Untuk melihat jenis arsitektur device anda bisa menggunakan aplikasi Device info HW melalui link playstore berikut ini :



Setelah Download silahkan buka pada tab SOC dan lihat bagian ABI. Disitu akan terlihat versi ARM device anda. kemudian Download xposed uninstaller pada link di bawah ini dan pilih sesuai ARM anda dalam format zip dan instal melalui CWM / TWRP untuk menghapus xposed yang ada pada device anda.


device info cek hw

Link Download Xposed Uninstaller All ARM :


saat proses uninstal xposed via cwm / twrp menggunakan xposed uninstaller selesai maka akan ada notifikasi pada cwm / twrp untuk wipe cache and dalvikcache atau skip reboot now. Disarankan agar memilih wipe cache and dalvikcache sebelum reboot agar bersih dari berkas dan file yang dibawa xposed.

3. Unroot SuperSU


Untuk unroot SuperSU anda bisa melakukannya melalui aplikasi SuperSU, dan pada menu silahkan pilih unroot penuh. Ini juga harus dilakukan agar saat root menggunakan magisk tidak terjadi crash dengan SuperSU. Saya tidak membahas cara unroot via SuperSU karena cara ini sudah banyak yang share dan pastinya sangat mudah.


Jika semua syarat diatas sudah anda lakukan, sekarang saatnya root menggunakan magisk root.


Download salah satu bahan root Magisk dibawah ini. Pilih versi yang anda inginkan :

Version :


Dan sebagai tambahan download file dibawah ini :



Simpan ketiga file diatas kedalam sdcard atau internal android anda. caranya root adalah :

  • Masuk ke CWM / TWRP recovery anda, lalu pilih Magisk root.zip yang sudah di download tadi
  • Saat instalasi selesai maka akan ada pilihan sebelum reboot, yaitu pilihan untuk instal SuperSU, harap klik DONOT INSTAL SUPERSU, maka device akan reboot
  • Jika root sukses dan berhasil masuk ke home screen android anda, silahkan cari aplikasi Magisk Manager, namun jika tidak ditemukan silahkan instal manual Magisk Manager.apk melalui link diatas. Saat dibuka mungkin ada pilihan update, lakukan update magisk manager nya jika ada.
  • Jika terjadi bootlop atau android tidak bisa masuk ke homescreen, silahkan bypass dengan mematikan ponsel android anda dan masuk CWM / TWRP lagi lalu instal Magisk Uninstaller.zip melalui cwm / twrp untuk menghapus magisk root yang gagal.

Itulah Cara Root Android dengan Magisk Root yang bisa anda coba, semoga artikel ini cukup menjelaskan dan membantu anda dalam root menggunakan magisk. Terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda