Tips Menghemat Baterai Android Xiaomi - Andro-ID

Kamis, 23 Agustus 2018

Tips Menghemat Baterai Android Xiaomi

Tips Menghemat Baterai Android Xiaomi - Tips Menghemat Baterai Android Xiaomi - Seperti yang kita ketahui jika xiaomi menggunakan MIUI untuk system ROM nya. Dimana semakin banyaknya fitur yang disajikan dalam setiap updatenya menjadikan ROM besutan MIUI ini semakin berat dan boros dalam konsumsi baterai.


Tips Menghemat Baterai Android Xiaomi

Kali ini saya akan berbagi tips menghemat baterai pada android xiaomi. Tips ini sedikit banyak akan membuat baterai kita tidak terlalu boros saat anda gunakan. Bahkan cara ini bersifat umum dan bekerja pada berbagai rom maupun cusrom yang terinstal pada android anda. Berikut ini adalah tips -tips yang bisa anda lakukan sebagai pengguna ROM MIUI :


1. Nonaktifkan Auto Sinkron Akun Google


Tips pertama adalah menonaktifkan auto sinkron google. Kekurangan tips ini adalah jika kita menambahkan kontak ke akun google maka tidak otomatis tersimpan pada server google akun anda. Dan email dari gmail juga menghentikan notifikasi nya. Namun jangan khawatir, anda tetap bisa mendapatkannya dengan manual sinkron.


Caranya masuk ke pengaturan>>sinkron lalu pilih akun google anda dan lakukan sinkronasi berkala jika dibutuhkan. Dengan menonaktifkan auto sinkron maka akan mengurangi penggunaan baterai android anda.


2. Nonaktifkan Fitur Find Device Mi Akun


Tips yang kedua adalah menonaktifkan fitur pencarian perangkat pada menu MI Akun. Deperti hal nya tips pertama, dengan menonaktifkan fitur ini maka konsumsi baterai akan berkurang. Caranya masuk ke pengaturan>>Akun Mi>>nonaktifkan fitur Find Device anda.


3. Nonaktifkan Kecerahan Layar Auto


Tips yang ketiga adalah menonaktifkan kecerahan layar yang secara default di setting MIUI ke auto. Dengan konsumsi cahaya yang selalu berubah - ubah maka layar akan semakin sering bekerja menyesuaikan kecerahan yang tepat. Dan tentu ini akan menguras banyak energi daya baterai.


Langkah terbaik adalah menonaktifkan auto kecerahan layar ini dan setting kecerahan ke tingkat sedang ( Jangan terlalu terang ) agar konsumsi baterai berkurang.


4. Menonaktifkan Auto Start aplikasi


Tips yang ketiga ini sangat penting untuk menghemat baterai. Dimana Auto start aplikasi akan mengkonsumsi daya berlebihan. Khusus nya saat android pertama booting atau menyala, maka aplikasi yang auto start akan dijalankan otomatis.


Untuk menonaktifkannya silahkan masuk ke pengaturan>>perizinan>>mulai Otomatis dan nonaktifkan aplikasi yang sekiranya tidak perlu berjalan auto menurut anda.


5. Membatasi Background Data Aplikasi


Tips yang kelima ini akan mengurangi penggunaan daya baterai dengan cara membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Namun jika ada aplikasi yang perlu berjalan di latar belakang silahkan aktifkan pada beberapa aplikasi saja, misalnya whatsapp,BBM, dan sebagainya, dengan cara mengunci aplikasi agar tidak tertutup pada saat android terkunci layarnya.


6. Mengatifkan Fitur Hemat Baterai


Tips yang ke enam anda bisa mengaktifkan fitur hemat baterai pada xiaomi dengan masuk ke pengaturan baterai dan performa, lalu aktifkan fitur hemat baterai nya.


7. Mengurangi kecepatan CPU Load (ROOT ONLY)


Tips yang ke tujuh adalah mengurangi kecepatan CPU Load. Karena semakin tinggi speed CPU maka akan semakin boros baterai android kita. Sebagai contoh anda pengguna octacore dengan speed @ 2Ghz, maka anda bisa turunkan speed nya menjadi maksimal 1.3 Ghz agar lebih irit penggunaan baterai nya. Baca cara nya : Cara Hemat Baterai MIUI dengan CPU Speed Limit. Untuk langkah ini anda membutuhkan akses root.


8. Nonaktifkan GPS atau Lokasi


Dengan menonaktifkan fitur GPS atau lokasi maka android akan bekerja sedikit lebih ringan, tentu akan mengurangi beban penggunaan daya baterai xiaomi / android anda.


9. Uninstal Aplikasi yang Tidak Digunakan


Langkah terakhir adalah menghapus aplikasi yang menurut anda jarang dipakai atau mungkin tidak diperlukan. Semakin sedikit aplikasi yang anda punya maka akan semakin sedikit konsumsi baterai yang dibutuhkan.


Khusus pengguna root, anda harus berhati - hati jika ingin menghapus aplikasi system atau aplikasi bawaan xiaomi, karena kesalahan menghapus aplikasi penting akan membuat kinerja android menjadi berkurang dan bahkan menjadikan kerusakan system atau bootlop.


Itulah tips menghemat baterai android Xiaomi yang mungkin berguna buat anda yang memiliki kapasitas baterai yang kecil. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda