Cara Unlock Bootloader All Xiaomi Device - Andro-ID

Kamis, 13 September 2018

Cara Unlock Bootloader All Xiaomi Device

Cara Unlock Bootloader All Xiaomi Device - Seperti yang kita ketahui bahwa xiaomi terbaru telah merilis bootloader dalam versi locked. Tentu ini akan memberi batasan bagi pengguna yang suka memodifikasi atau custom rom karena unlock bootloader sifatnya wajib selain root dan instal cwm / twrp.


Xiaomi Unlock Bootloader

Hal ini lah yang akan saya bahas khusus anda pengguna device android keluaran xiaomi. Karena secara resmi xiaomi memperbolehkan penggunanya untuk unlock bootloader.


Tentu dengan konsekuensi bahwa garansi android anda akan hangus seperti halnya ketika anda melakukan rooting pada ponsel android anda.


Apa Pengertian Bootloader ?


Pada perangkat android, bootloader memiliki fungsi dan berperan penting untuk menjalankan kernel OS agar bisa booting normal. Tentu semua perangkat android wajib memiliki bootloader dan berbeda satu sama lainnya.


Itu karena sifat OS android yang Open Source dan memiliki hardware yang berbeda - beda dari masing - masing developernya.


Tak jarang para pengembang lebih memilih mengunci atau locked bootloader dalam versi pabrikan untuk memastikan software yang berjalan adalah software resmi yang stabil dan melalui tahap uji coba sebelum di rilis.


Semua demi keamanan dan kenyamanan pengguna android. Jika anda ingin mengetahui status bootloader android anda apakah lock atau sudah unlock silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Cek Status Bootloader Android Locked / Unlocked.


Kelebihan dan kekurangan Unlock Bootloder


Dari segi pandang sebagai pengguna android ini tentu memiliki kelebihan yang akan mereka dapatkan jika melakukan unlock bootloader. Diantaranya sebagai berikut :

  • Bisa berganti rom dengan custom rom
  • Bisa instal TWRP maupun cwm
  • Mudah dalam mengaplikasikan modifikasi rom
  • Akses tak terbatas pada perubahan system file

Dan beberapa kekurangan setelah unlock bootloader diantaranya :

  • Garansi resmi akan hangus
  • Kesalahan dalam modifikasi rom akan membuat android bootlop bahkan mati total
  • Beberapa aplikasi memiliki system keamanan yang tinggi membutuhkan proteksi yang kuat, jika unlock bootloader akan mengurangi skala proteksinya sehingga rawan terkena malware

Cara Unlock Bootloader All Xiaomi Device


Setiap android memiliki cara Unlock bootloader yang berbeda - beda, sesuai judul artikel ini saya akan bahas cara unlock bootloader khusus devices android Xiaomi. Persyaratan sebelum unlock bootloder adalah :

  • Android menggunakan Rom resmi
  • Sudah Mi Account yang terverifikasi dan terintegrasi dengan ponsel

Berikut ini tahap unlock bootloader all devices xiaomi :


1. Kunjungi situs resmi Xiaomi untuk Unlock Bootloader ( UBL ) di http://en.miui.com/unlock/ dan klik tombol "Unlock Now"


Cara Unlock Bootloader All Xiaomi Device

2. Login dengan Mi Account anda, ubah pengaturan dulu ke bahasa Inggris agar memudahkan tampilan menunya


Cara Unlock Bootloader All Xiaomi Device

3. Kemudian download Mi unlock Tool lalu instal dan jalankan


Cara Unlock Bootloader All Xiaomi Device

4. Masuk fastboot mode pada xiaomi anda dan pastikan anda sudah menginstal driver fastboot pada PC / laptop anda. Lalu koneksikan xiaomi ke pc dan buka aplikasi Mi Unlock tool nya.


5. Ikuti petunjuknya disana, "agree" jika ada notifikasi mengenai syarat dan kebijakan. lalu silahkan ikuti step by stepnya sampai akhir.


Pada bagian ini saya tidak menyertakan gambar karena menu selanjutnya sangat mudah untuk anda jalankan.


Itulah tips kali ini tentang Cara Unlock Bootloader All Xiaomi Device, semoga bermanfaat dan terimakasih

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda