Cara Kalibrasi Baterai Android Yang Benar - Andro-ID

Senin, 08 Oktober 2018

Cara Kalibrasi Baterai Android Yang Benar

Setiap anda selesai upgrade OS atau habis membeli baterai android baru maka disarankan untuk kalibrasi. Ini supaya system membaca dengan benar kapasitas dari baterai itu sendiri. Saya akan membahas cara kalibrasi baterai android yang benar dalam 2 versi dimana bisa anda terapkan sesuai kebutuhan.


Android Battery Calibration

Sebelum menuju cara kalibrasi baterai, bisa anda perhatikan ciri - ciri baterai yang perlu di kalibrasi seperti dibawah ini :


1. Baterai Cepat Habis Setelah Flashing Rom


Jika anda telah melakukan flashing, entah itu upgrade atau flashing rom biasa dan menemui baterai cepat habis dan android mati sendiri ini wajib dilakukan kalibrasi. Karena system android memiliki file bernama baterrystats.bin yang membaca history pemakaian dan menentukan estimasi setiap penggunaan sesuai rom. Jika anda berganti rom kemungkinan file tersebut membaca atau meninggalkan history lama pemakaian baterai anda.


2. Baterai Tiba - Tiba Nol Persen


Masalah kedua ini sering terjadi, dimana baterai yang sebelumnya masih, entah itu 10, 20, 30 persen tiba - tiba mendadak menjadi 0 persen secara drastis. Ini karena kapasitas baterai tidak terbaca dengan baik. Sehingga menyebabkan missed sinkronasi antara kapasitas daya baterai yang tersisa dengan indikator system android.


3. Saat Android Pertama Menyala Baterai Berkurang Drastis


Yang saya maksud disini adalah ketika kita melakukan charger dalam kondisi android mati lalu mencabutnya. Kemudian kita menyalakannya dan prosentase baterai berkurang dengan cepat dalam hitungan detik. Jika dari 100% berkurang lebih dari 5% hanya untuk menyalakan ponsel android maka ini wajib anda lakukan kalibrasi.


4. Baterai Masih Tapi Android Restart


Masalah yang terakhir ini terjadi jika baterai anda dalam keadaan masih tapi tiba - tiba android restart maka perlu dilakukan kalibrasi. Ini sama seperti poin 2 diatas, cuma ketika dinyalakan lagi ternyata daya baterai masih.


Lalu Bagaimana Cara Kalibrasi Baterai Android Yang Benar ?


Langkah kalibrasi baterai sendiri saya bagi menjadi 2, berikut ini penjelasannya :


1. Cara Manual ( No Root Needed )


Cara ini bisa dkatakan lazim namun sering dilupakan pengguna android. Dan cara ini tidak membutuhkan akses root dan wajib juga jika android anda dalam keadaan baru atau hanya baterai nya yang baru.

  • Nyalakan android, lihat sisa daya baterai
  • Habiskan untuk aktifitas internet dan kuras sampai baterai benar - benar habis dan android mati sendiri
  • Jika android sudah mati silahkan nyalakan kembali. Jika masih bisa menyala maka gunakan lagi sampai android mati lagi
  • Ulangi langkah diatas sampai baterai benar - benar habis dan tidak bisa dinyalakan alias 0%
  • Kemudian lakukan charger dalam keadaan mati sampai 100% tapi jangan dinyalakan dulu androidnya
  • Jika sudah 100%, coba cabut chargernya dan biarkan sekitar 30 detik
  • Masih dalam kondisi mati, colokkan lagi chargernya, jika indikator yang tadinya 100% namun setelah dicabut chargernya dan dilakukan charger ulang berubah menjadi dibawah 100% maka tunggu pengisian sampai 100% lagi
  • Ulangi sampai kondisi baterai benar - benar 100% saat dicabut dan di charger ulang setelah 30 detik tadi
  • Jika sudah nyalakan android dan habiskan baterai sampai nol persen lagi
  • Ulangi langkah ini sebanyak minimal 2x untuk memastikan sinkronasi kapasitas baterai dan prosentase indikator sudah sesuai

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi ( Root Needed )



Untuk anda pengguna root maka bisa memiliki hal yang lebih daripada cara manual diatas. Karena dengan bantuan aplikasi bisa melakukan reset batterystats.bin yang ada di system android kita.

  • Download dan instal Aplikasi Battery Calibration Root di Playstore
  • Buka aplikasi nya dan akses root pilih allow
  • Habiskan daya baterai yang masih ada seperti cara manual diatas hingga android mati sendiri
  • Charger dalam kondisi mati dan biarkan sampai 100%
  • Nyalakan ponsel android tanpa mencabut chargernya
  • Pastikan indikator baterai di status bar anda menunjukkan angka 100%
  • Buka aplikasi battery calibration nya lalu klik calibrate now
  • Cabut chargernya dan gunakan seperti biasa
  • Lakukan cara ini sekali saja

Tips tambahan untuk menjaga kondisi baterai tetap optimal adalah jangan menggunakan ponsel android dalam keadaan di charger. Ini akan berdampak pada rusaknya sinkronasi batterystats.bin, kenapa bisa begitu ? Karena dengan penggunaan sambil di charger maka indikator akan kacau. 


Dimana saat system membaca penggunaan daya vs sisa daya baterai menjadi tidak seimbang. Daya baterai jadi naik turun prosentasenya karena kondisi di charger.


Demikian tutorial cara kalibrasi baterai android yang benar, semoga membantu anda yang mencari informasi cara kalibrasi baterai android yang benar.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda