Flashing Xiaomi Mi Mix MIUI Global Stable V11.0.2.0 Terbaru Via Mi FLashtool / Updater - Andro-ID

Sabtu, 17 November 2018

Flashing Xiaomi Mi Mix MIUI Global Stable V11.0.2.0 Terbaru Via Mi FLashtool / Updater

Flashing Xiaomi Mi Mix Via Mi FLashtool / Updater

Flashing Xiaomi Mi Mix MIUI Global Stable Terbaru Via Mi FLashtool / Updater - Kali ini saya akan berbagi tutorial flashing Xiaomi Mi Mix dengan 2 metode. Yang pertama melalui Mi Flashtool (Fastboot) dan yang kedua melalui updater atau recovery. Rom yang akan saya pilih disini adalah rom Global Stable terbaru. Simak caranya seperti dibawah ini.


1. Flashing Xiaomi Mi Mix via Mi Flashtool (Fastboot)


Cara flashing dengan metode fastboot ini biasa digunakan jika anda ingin memformat ulang Mi Mix ke setelan awal dan membersihkan semua file di dalamnya. Namun cara ini juga biasa diterapkan untuk mengatasi softbrick/bootloop Mi Mix ketika tidak bisa mengakses recovery.


Sebelum melakukan flashing via Mi FLashtool pastikan beberapa syarat berikut ini sudah anda siapkan :

  • Download dan instal Fastboot Driver Xiaomi Disini
  • Download dan instal Mi Flashtool Disini
  • Kabel USB
  • PC atau Laptop dengan OS Windows

Download salah satu Fastboot Rom MIUI Global Stable Mi Mix dibawah ini :

Version :


Buka Fastboot Rom yang sudah di download tadi (format tgz), lalu extract ke PC anda. Jika hasil download .gz silahkan rename dulu ekstensinya menjadi .tgz ya agar bisa di extract.

Kemudian buka aplikasi Mi Flashtool nya, dan pilih file rom nya dimana anda meng-extract fastboot rom tadi. Ingat, pilih foldernya, bukan isi filenya. Kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Untuk nama folder sesuaikan dengan file hasil extract Rom Mi Mix ya, karena gambar dibawah ini saya ambil dari tutorial flashing redmi note 2.



Jika semua bahan sudah lengkap sekarang waktunya untuk melakukan flashing Mi Mix via fastboot mode atau dengan bantuan Mi Flashtool. Matikan Mi Mix nya dan masuk ke mode fastboot dengan menekan dan tahan tombol Power + Volume Down. Setelah masuk Fastboot mode silahkan hubungkan ke PC atau laptop dengan kabel USB. Klik tombol Refresh yang ada di kanan atas. Pastikan juga Mi Mix terbaca disana seperti gambar dibawah ini :



Tahap selanjutnya pada menu bawah silahkan pilih flash all dan klik Flash pada bagian kanan atas. Tunggu prosesnya hingga Mi Mix selesai melakukan flashing dan otomatis reboot. Dan flashing Mi Mix dengan mode fastboot via Mi Flashtool telah selesai..


2. Flashing Xiaomi Mi Mix Via Updater / TWRP / Recovery


Untuk cara yang kedua ini sedikit simpel, silahkan download salah satu Recovery Rom Mi Mix MIUi Global Stable dibawah ini :

Version :


Simpan recovery Rom hasil download ke internal sdcard dan biarkan formatnya tetap zip

Untuk cara instalnya sangat mudah, anda silahkan buka menu Updater yang sudah ada dalam menu default. Kemudian pada menu kanan atas silahkan klik menu dan klik "Pilih Paket Pembaruan" dan cari kemudian pilih rom yang sudah anda download tadi di internal memory. Maka Mi Mix akan melakukan reboot dan otomatis melakukan flashing dengan mode Recovery.



Cara ini bisa anda pakai dengan syarat Mi Mix masih bisa menyala alias tidak bootloop.

Bagaimana Flashing Dengan Metode Updater Jika Mi Mix Bootloop ?


Jika Mi Mix anda bootloop dan tidak bisa mengakses menu updater maka anda harus bisa mengakses recovery mode, dengan cara tekan dan tahan bersamaan tombol Volume Up dan Power  hingga masuk recovery. Lalu copy rom yang sudah di download tadi ( berformat .zip ) ke flashdisk, dan konekkan flashdisk dengan bantuan OTG ke Mi Mix agar file rom bisa di akses.


Pada menu recovery pilih install lalu cari dan pilih file rom yang ada di flashdisk tadi ya, dan ikuti proses instalasinya rom nya hingga selesai.


Jika Mi Mix tidak membaca flashdisk anda silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Pada OTG Android.


Jika anda tidak bisa mengakses recovery mode dengan kombinasi tombol diatas maka langkah terbaik adalah melakukan flashing dengan metode fastboot via Mi Flashtool seperti cara nomor 1 diatas.


Kelemahan flashing menggunakan metode recovery atau updater ini salah satunya adalah file rom yang akan diinstal bersifat temporary. Maksud saya disini adalah setelah anda instal dengan updater maka file rom yang ada di internal memory tadi akan otomatis hilang atau terhapus.


Jadi lebih baik simpan atau copy dulu file rom updater tadi untuk backup anda karena ukurannya yang besar sangat sayang jika kita harus download ulang jika gagal flashing.


Itulah tutorial kali ini tentang Flashing Xiaomi Mi Mix MIUI Global Stable Terbaru Via Mi FLashtool / Updater. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda