Solusi Redmi Note 2 Bootloop Setelah Update Aplikasi Youtube - Andro-ID

Selasa, 27 November 2018

Solusi Redmi Note 2 Bootloop Setelah Update Aplikasi Youtube

Solusi Redmi Note 2 Bootloop Setelah Update Aplikasi Youtube - Pada device android Xiaomi Redmi Note 2 dengan Operating System Lolipop Versi 5.0.1 terjadi beberapa masalah saat melakukan update aplikasi Youtube terbaru via Playstore. Salah satunya menyebabkan redmi note 2 menjadi bootloop atau gagal masuk system.


Solusi Redmi Note 2 Bootloop Setelah Update Aplikasi Youtube

Ini karena versi terbaru Youtube tidak kompatibel dengan versi android lolipop 5.0.1 namun bisa berjalan pada lolipop 5.1 keatas. Playstore merespone dengan code error 501 maupun 504 saat instalasi Youtube gagal.


Dan anehnya meskipun gagal ternyata instalasi ini meninggalkan berkas cache yang tersimpan di folder aplikasi yang seolah - olah menandakan instalasi telah selesai dan sukses dilakukan. Sehingga ketika redmi note 2 kita coba restart terjadilah bootloop dan tidak masuk system. Kenapa kasus seperti ini terjadi ?


Ini karena aplikasi youtube yang tidak kompatibel dan meninggalkan cache tadi tidak bisa di load atau di muat pada saat android booting. Sebagai catatan, aplikasi bawaan Google bersifat auto load sebelum anda berhasil masuk system dan terintegrasi dengan Google Play Service. Jadi ketika salah satu aplikasi Google (dalam kasus ini Youtube) tidak bisa dimuat, maka otomatis android tidak berhasil masuk system (bootloop)


Lalu apakah harus melakukan hard reset, wipe data & factory reset atau bahkan flash ulang ? Tunggu, anda tidak perlu melakukan semua itu pada redmi note 2 hanya karena 1 aplikasi Google yang bermasalah yaitu Youtube. Simak Caranya dibawah ini untuk mengatasinya.


Pertama pastikan Xiaomi Redmi Note 2 sudah dalam kondisi Root dan terinstal TWRP Recovery. Kemudian matikan redmi note 2 dan masuk ke Mode TWRP dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Up + Power. Pada menu TWRP pilih Mount. Lalu pilih System. Lalu klik Home di bar bawah. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.



Kemudian kembali ke menu utama TWRP dan pilih Advanced >> File Manager.



Selanjutnya klik folder Data >> App >> Cari folder com.google.android.youtube-2.



kemudian hapus folder tersebut dengan cara klik folder com.google.android.youtube-2 tadi lalu klik ikon di kanan bawah dan pilih delete lalu klik lagi tombol Home untuk kembali ke menu utama TWRP.



Jika ditemukan folder com.google.android.youtube lebih dari 1 (satu) silahkan hapus semua ya. Bisa jadi folder bernama com.google.android.youtube-1 dan seterusnya.

Langkah selanjutnya pilih Wipe kemudian klik Advanced Wipe lalu ceklist pada Dalvik /ART Cache dan Cache , geser atau Swipe untuk melanjutkan.



Langkah terakhir kembali ke menu utama TWRP dan pilih Reboot lalu pilih System.



Tunggu proses pembersihan sisa - sisa cache/dalvikcache selesai dan otomatis xiaomi redmi note 2 tidak bootloop dan berhasil masuk system lagi.


Setelah masuk system maka anda tidak memiliki aplikasi Youtube lagi. Jika ingin menginstalnya jangan melakukan download via Playstore lagi karena akan menyebabkan permasalahan yang sama. Anda bisa download versi Youtube yang aman seperti artikel saya sebelumnya : Mengatasi Update Youtube Selalu Gagal Via Playstore.


Update : Untuk memperbaiki masalah ini sudah kami terbitkan artikel terbaru Cara Memperbaiki Tidak Bisa Update Aplikasi Google via Playstore


Demikian tutorial kali ini tentang Solusi Redmi Note 2 Bootloop Setelah Update Aplikasi Youtube, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda