Aplikasi Google Force Close Terus Menerus Setelah Edit Build.prop - Andro-ID

Kamis, 20 Desember 2018

Aplikasi Google Force Close Terus Menerus Setelah Edit Build.prop

Kali ini saya akan berbagi tutorial Mengatasi Aplikasi Google Force Close Terus Menerus Setelah Edit Build.prop di Android. Ini terjadi khusus pada pengguna android root yang biasa suka editing tweaks build.prop. Karena banyak tweaks yang biasa mereka edit langsung dalam file build.prop maupun script hasil intalasi file zip melalui mode TWRP.


Aplikasi Google Force Close Terus Menerus Setelah Edit Build.prop

Kesalahan editing atau pemasangan tweaks build.prop yang tidak tepat atau tidak kompatibel tentu akan berakibat pada hampir semua aplikasi khusunya aplikasi google dan system mengalami crash. Ini ditandai dengan force close terus menerus tanpa berhenti sehingga kita tidak bisa membuka aplikasi apapun apalagi memperbaiki file build.prop melalui file manager seperti Root Explore maupun file manager lainnya yang mendukung akses root.


Beberapa solusi mengatasi ini diantaranya dengan melakukan factory reset atau flash ulang, namun sangat disayangkan jika anda melakukan hal tersebut karena akan menghapus seluruh aplikasi dan data yang anda miliki, kecuali memiliki backup sebelumnya.


Sebelum melanjutkan anda harus menyiapkan bahan utama sebagai berikut :

  • Android harus dalam keadaan root ( pasti, tanpa root anda tidak akan pernah melakukan kesalahan karena tidak bisa edit file build.prop)
  • Cari dan simpan file build.prop original rom anda. File ini bisa anda temukan di folder /root/system/disini. Anda bisa mengambil dari rom original berformat zip yang biasa diinstal melalui TWRP mode atau menu Updater.

Cara Mengatasi Aplikasi Google Force Close Terus Menerus Setelah Edit Build.prop


Jika anda sudah menginstal TWRP Recovery maka anda bisa langsung memperbaikinya melalui device android tanpa membutuhkan PC/Laptop. Berikut ini caranya :


1. Copy file build.prop original rom ke Internal Memory android anda. Jika anda kesulitan meng-copy file build.prop melalui file manager ke android karena aplikasi force stop terus menerus silahkan gunakan flashdisk dan hubungkan melalui sambungan Usb OTG.


2. Masuk TWRP Mode lalu pilih Mount dan ceklist System kemudian klik ikon HOME untuk kembali ke menu utama TWRP.



3. Klik menu Advanced lalu pilih File Manager. Cari dimana anda menyimpan file build.prop original tadi lalu pilih Copy.



4. Klik folder System lalu paste disini file build.prop original yang sebelumnya anda copy. Kemudian ubah permisionnya menjadi RW-R-R (chmod 0644) Lalu ikuti petunjuknya Swipe to Confirm



5. Jika sudah pilih Reboot System android anda dan sekarang aplikasi Google dan system yang force stop telah kembali normal.


Itulah tutorial kali ini tentang Cara Mengatasi Aplikasi Google Force Close Terus Menerus Setelah Edit Build.prop, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda