Mengatasi Google Play Service Error (ROOT) - Andro-ID

Minggu, 23 Desember 2018

Mengatasi Google Play Service Error (ROOT)

Mengatasi Google Play Service Error (ROOT) - Kali ini saya akan berbagi tutorial cara mengatasi Google Play Service yang error. Salah satu indikasi error ini terlihat dari bagaimana Google Play Service tidak dapat dibuka, tidak bisa diupdate melalui Play Store dan saat membuka aplikasi lain ada notifikasi bahwa Google Play Service harus diperbarui. Namun meskipun tidak bisa diupdate tetapi ada Google Play Store akan selalu melakukan unduhan otomatis di background service, tentu ini akan sangat menguras penggunaan data internet kita.


Mengatasi Google Play Service Error (ROOT)

Kasus ini banyak terjadi pada Android dengan Operating System Lolipop. Dan daftar devices yang terkena dampak ini diantaranya Xiaomi Redmi note 2, redmi note 3, Meizu, Evercoss, Advan, maupun devices lain yang masih banyak lagi. Disini saya akan membagikan tutorial bagaimana mengatasi hal ini agar Google Play Service kembali normal dan tidak selalu melakukan update setiap kali android dinyalakan.


Sebelumnya anda harus mengunduh aplikasi Google Play Service yang sudah saya siapkan melalui link dibawah ini, tapi jangan diinstal dulu ya, simak cara instalasi yang benar pada penjelasan berikutnya.


PLAY SERVICE V14.5.74 APK


Syarat Mengatasi Google Play Service Error :
  • Android harus sudah dalam keadaan ROOT, baik secara Magisk maupun SuperSU
  • Sudah download aplikasi Link2SD

Cara Mengatasi Google Play Service Error (ROOT)


Setelah anda memenuhi semua persyaratan diatas dan mengunduh Google Play Service melalui link yang saya sediakan sekarang ikuti tahap - tahap memperbaikinya dibawah ini.


Pertama matikan koneksi data internet dan buka aplikasi Link2SD, pada ijin SuperSU pilih Allow atau Ijinkan. Kemudian cari aplikasi Google Play Service yang sudah terinstal lalu tahan maka akan muncul beberapa pilihan pada jendela menu. Pilih Uninstall atau Hapus.



Kenapa mesti dihapus ? Apa nanti aplikasi Google Play Service akan hilang ? Tenang saja, aplikasi Google Play Service ini termasuk kedalam aplikasi system, jadi meskipun anda menghapusnya aplikasi tidak akan hilang, melainkan hanya akan mengembalikan ke versi awal pabrikan. Jadi sementara kita harus melakukan ini.



Langkah berikutnya instal aplikasi Google Play Service yang sudah anda download tadi seperti biasa. Pastikan instalasi berjalan sukses. Jika android anda memblokir instalasi silahkan aktifkan "sumber tidak dikenal" melalui setelan keamanan.


Jika sudah berhasil instal Google Play Service jangan anda buka dulu ya. Ingat, kita sekarang masih dalam mode offline karena data internet dimatikan. Jadi cukup tutup setelah proses instal selesai.


Tahap selanjutnya buka kembali aplikasi Link2SD dan cari lagi aplikasi Google Play Service. Tentunya sekarang Google Play Service anda sudah dalam versi yang lebih baru. Kemudian tahan aplikasi Google Play Service nya dan pilih "Integrasikan Pembaruan Ke System". Jika ada notifikasi klik saja OK untuk konfirmasi.



Ini bertujuan untuk mengubah aplikasi Google Play Service  yang baru anda instal agar menjadi aplikasi system. Itulah kenapa akses root dibutuhkan disini.


Saat selesai proses ini maka anda akan menemui semua aplikasi Google terjadi crash/error, ini ditandai dengan notifikasi force closed. Tenang saja, abaikan dulu karena proses belum selesai.


Lanjut ke langkah berikutnya, masih di Link2SD tekan menu kemudian pilih bersihkan cache dan dalvikcache, klik OK untuk konfirmasi. Setelah itu reboot android anda dan tunggu kembali menyala dan masuk system.



Pada saat pertama menyala anda akan menemui layar beranda android seperti lambat atau slow. Abaikan dulu lalu hidupkan koneksi data. Kenapa lambat ? Ini wajar karena Google Play Service baru saja dipindah ke system dan masih bersih dari cache, sehingga akan melakukan sinkronasi ulang semua data untuk terhubung ke semua aplikasi yang bergantung pada Google Play Service.


Anda cukup menunggu proses sinkronasi selesai dalam beberapa menit, jika sudah maka tutorial Mengatasi Google Play Service Error (ROOT) ini telah selesai. Anda tidak perlu memperbarui aplikasi Google Play Service lagi karena dari hasil uji coba saya versi ini adalah yang paling stabil untuk OS Lolipop.


Untuk melakukan pengujian silahkan buka aplikasi Google seperti Gmail, Google Maps atau Google Play Store. Seharusnya anda sudah bisa menggunakan kembali dengan normal. Jika anda membuka aplikasi tertentu yang mengharuskan versi Google Play Service terbaru silahkan abaikan pembaruan dan gunakan aplikasi tersebut seperti biasa.


Update : Untuk memperbaiki masalah ini sudah kami terbitkan artikel terbaru Cara Memperbaiki Tidak Bisa Update Aplikasi Google via Playstore


Itulah tutorial kali ini tentang Cara Mengatasi Google Play Service Error (ROOT), semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda