Kenali Ciri - Ciri WhatsApp Anda Yang di Sadap dan Cara Mengamankannya - Andro-ID

Jumat, 18 Januari 2019

Kenali Ciri - Ciri WhatsApp Anda Yang di Sadap dan Cara Mengamankannya

Kenali Ciri - Ciri Whatsapp Anda Yang di Sadap dan Cara Mengamankannya - Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mengenali ciri - ciri jika akun WhatsApp anda disadap orang lain. Mungkin mereka memiliki tujuan khusus kenapa menyadap WhatsApp anda.


Terkadang anda sebagai pemilik justru tidak menyadarinya karena tidak mengerti jika akun WhatsApp anda ternyata di sadap atau diretas orang lain.


Sebenarnya ciri - ciri jika akun Whatsapp anda disadap tidak menampakkan sesuatu yang mencurigakan sama sekali. Karena kemajuan teknologi justru banyak cara untuk menyadapnya, namun disini setidaknya saya akan berbagi sedikit informasi agar anda tetap waspada dan bisa mengamankan akun WhatsApp anda jika menemui kejanggalan yang tidak wajar.


Berikut ini beberapa ciri - ciri jika akun Whatsapp anda disadap :


Kenali Ciri - Ciri WhatsApp Anda Yang di Sadap dan Cara Mengamankannya

1. Suhu Handphone Sangat Panas atau Tinggi


Ciri pertama adalah dimana tiba - tiba handphone android anda memiliki suhu diatas rata - rata. Bahkan tidak sedikit justru terjadi hang karena terlalu panas. Ini karena penggunaan data dan cpu yang berlebih sehingga menyebabkab heapsize system dan cpu anda.


Biasanya ciri seperti ini karena penyadap menggunakan metode online berbasis browser dan melakukan sinkronasi tak terbatas di latar belakang atau background service.


2. Belum Membaca Pesan Masuk Tetapi Terdeteksi Read atau Terbaca


Ciri kedua ini dimana anda menemui keanehan saat ada pesan masuk dan belum anda baca namun disana tertulis dua tanda centang biru yang berarti pesan telah dibaca. Penyadap dengan metode ini menggunakan sinkronasi data secara online dengan metode Whatsapp Web.


Hal seperti ini bisa terjadi jika penyadap menggunakan broswer PC atau sebuah aplikasi android yang mampu menghubungkan Whatsapp anda dengan Whatsapp versi desktop atau Web.


3. Terdapat Aplikasi Mencurigakan Dengan Ijin Khusus


Jika anda menemui sebuah aplikasi yang mencurigakan dan tidak wajar segeralah menghapusnya. Aplikasi penyadap WhatsApp biasanya berkamoflase menyerupai aplikasi system. Dengan tujuan mengelabuhi pemilik akun asli agar tidak menghapusnya.


Dan bahkan ikon aplikasi penyadap Whatsapp justru sama dengan ikon menu Pengaturan atau setting. Ini agar pengguna atau pemilik akun akan mengira bahwa itu adalah aplikasi atau menu biasa. Bahkan aplikasi ini memiliki ijin khusus untuk membaca SMS masuk yang nantinya berhubungan dengan kode verifikasi login Whatsapp yang bersifat sangat private.


4. Terdapat Notifikasi Bahwa Anda Login di Perangkat Lain


Developer WhatsApp sendiri telah mengantisipasi panyadapan seperti ini dengan perkembangan versi terbarunya. Jika dicurigai anda telah login di perangkat lain maka WhatsApp akan mengirimkan notifikasi di status bar ponsel anda.


Hal ini untuk menghindari terjadinya multi login pada satu akun Whatsapp dengan nomor ponsel yang sama.


5. Baterai Android Cepat Terkuras Tidak Wajar


Ciri seperti ini hampir terjadi pada semua pengguna WhatsApp yang tersadap. Karena kuat dan besarnya data yang dibutuhkan untuk sinkronasi di latar belakang maka akan menguras daya baterai secara berlebihan. Anda juga akan menemui masalah saat menggunakan ponsel, dimana akan terjadi lag yang sangat berat dan tidak jarang juga android tiba - tiba restart karena tidak mampu mempertahankan kinerjanya.


Cara Mengatasi Akun WhatsApp yang di Sadap :


Untuk mengatasi akun WhatsApp anda jika dibajak dengan ciri - ciri yang sudah saya jelaskan diatas silahkan coba terapkan beberapa tips dibawah ini.


1. Periksa Aplikasi Terinstal dan Hapus Aplikasi Mencurigakan


Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah memeriksa semua aplikasi terinstal di ponsel android dan segera menghapusnya jika ditemukan aplikasi mencurigakan. Gunakan aplikasi Link2SD untuk mendeteksi aplikasi yang terinstal bahkan jika ikon aplikasi sengaja disembunyikan oleh penyadap.


Kemampuan aplikasi Link2SD ini akan membantu anda mencari aplikasi - aplikasi yang tidak tampak dilayar beranda ponsel android anda.


2. Cek Aktivitas Koneksi WhatsApp Web


Cara selanjutnya adalah memeriksa perangkat yang terkoneksi WhatsApp Web. Ini akan menampilkan dimana anda login WhatsApp Web di Browser lain. Caranya pada aplikasi WhatsApp silahkan buka menu kanan atas kemudian klik menu WhatsApp Web.


Disana anda akan melihat perangkat lain yang terkoneksi dengan akun WhatsApp anda. Silahkan periksa apakah itu atas ijin anda atau bukan. Jika bukan segera hapus perangkat tersebut agar koneksi akun WhatsApp anda terputus atau logout di perangkat yang tidak anda kenali.


3. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah


Untuk mengatifkan fitur ini gunakan menu Setelan lalu pilih Akun. Kemudian pilih menu Verifikasi 2 langkah. Jadi anda akan selalu diminta PIN yang akan dikirim melalui SMS jika nomor ponsel terdaftar tersebut login di perangkat baru.


Ini akan meminimalisr jika akun WhatsApp anda dibajak atau disadap orang lain. Karena tanpa memasukkan PIN verifikasi maka penyadap akan gagal melakukan aksinya.


4. Hapus Virus Bloatware di Android


Aplikasi penyadap WhatsApp akan selalu memiliki ijin khusus seperti membaca kontak, membaca sms, mengirim data di latar belakang dan sebagainya. Sehingga hal ini akan mengirim virus bloatware yang berbahaya pada ponsel anda. Anda bisa menghapus bloatware ini dengan antivirus terbaik, salah satunya adalah Malwarebytes Pro APK atau Anti Spy Mobile Pro APK.


Lakukan scanning virus bloatware ini untuk menemukan kejanggalan pada aplikasi pihak ketiga yang mengandung unsur penyadapan. Karena antivirus bersifat optional maka anda harus memutuskan apakah menghapus virus yang terdeteksi atau justru mengabaikannya.


Itulah hal terpenting bagaimana mengenali ciri - ciri akun WhatsApp anda yang disadap sekaligus cara mengatasinya. Gunakan Whatsapp dengan bijak, jangan melakukan penyadapan karena itu termasuk kejahatan yang melanggar privasi seseorang.


Sebagai pengguna kita harus selalu waspada akan penting resiko mengirimkan data - data kepada orang lain. Disini kami hanya berbagi informasi yang semoga bermanfaat buat pengunjung.


Itulah tips kali ini yang berjudul enali Ciri - Ciri Whatsapp Anda Yang di Sadap dan Cara Mengamankannya, terimakasih telah berkunjung dan selalu waspada ya..

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda