Penyebab dan Tanda - Tanda eMMC Lemah atau Rusak - Andro-ID

Kamis, 24 Januari 2019

Penyebab dan Tanda - Tanda eMMC Lemah atau Rusak

Penyebab dan Tanda - Tanda eMMC Lemah atau Rusak - Beberapa orang mungkin pernah mengalami masalah dimana saat proses Flashing android 100% sukses namun tetap bootloop. Jika kita yakin bahwa firmware dan cara flashing sudah benar berarti itu ada masalah pada hardware android kita.


Namun kita juga tidak tahu bagian hardware mana yang bermasalah. Sementara dalam sebuah smartphone android terdapat banyak sekali jenis dan nama hardware sesuai dengan fungsinya masing - masing. Tentu kita akan menebak - nebak hardware bagian mana yang bermasalah pada kasus seperti ini.


Hal ini ternyata dikarekan oleh eMMC yang lemah atau rusak. Anda tidak akan bisa mengakses system android lagi meskipun sudah melakukan factory reset atau bahkan flashing dengan berbagai cara, meskipun tidak ada keterangan error saat proses flashing berlangsung.


Apa Sebenarnya Definisi Dari eMMC ?


eMMC singkatan dari Embedded Multi-Media Controller adalah sebuah hardware yang terpasang pada semua smartphone android dan masih dikategorikan sebagai IC yang berfungsi untuk media penyimpanan internal dan juga sebagai controller.


Didalam IC eMMC sendiri terdiri dari struktur partisi yang bertugas menyimpan Bootloader, System OS, Recovery, Penyimpanan Internal, EFS dan partisi - partisi lainnya.


Sedangkan secara struktur eMMC sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu nand Flash IC dan Controller yang berfungsi mengatur IC nand Flash itu sendiri. 2 bagian ini terkait satu sama lain, sehingga jika nand Flash rusak maka controller juga tidak akan bisa bekerja dengan normal dan harus diganti.


Jadi jika kita mengganti eMMC berarti kita mengganti nand Flash IC dan Controller

Penyebab dan Tanda - Tanda eMMC Lemah atau Rusak


Penyebab dan Tanda - Tanda eMMC Lemah atau Rusak

Apa Yang menyebabkan eMMC Bisa Rusak ?


Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan eMMC lemah atau rusak :
  • Melakukan charger android dalam waktu yang lama (lebih dari 3 sampai 4 jam)
  • Memasang Custom Rom yang tidak tepat sesuai Operating System dan merk android sehingga merubah semua partisi default system yang ada
  • Memaksa melepas baterai android saat stuck atau hang (Jarang terjadi)
  • Terlalu sering melakukan flashing rom
  • Mengalami Sudden Death Syndrome
  • Menggunakan android untuk kegiatan game berat dengan kemungkinan suhu panas dan sambil di charger
  • Dan masih banyak lagi

Tanda - Tanda eMMC Lemah atau Rusak



Berikut adalah beberapa tanda - tanda jika eMMC mulai lemah :
  • Android sering reboot atau restart sendiri
  • Suhu android meningkat drastis dan terjadi over heat system
  • Sering mati sendiri dan harus dinyalakan manual dengan tombol power, terkadang pada sebagian kasus harus di hubungkan charger agar bisa menyala lagi
  • Saat digunakan sering muncul notifikasi di layar bertuliskan "the process android.process.acore has stopped unexpectedly” atau “unfortunately app has stopped”.
  • Tiba - tiba internal memory tidak terbaca (Zero capacity) dan biasanya ditandai peringatan Unmound SD
  • Sering mengalami hang atau stuck logo android saat dinyalakan (terjadi secara berulang dan terus menerus)
  • Dan beberapa hal lainnya

Sementara tanda - tanda eMMC rusak adalah sebagai berikut :
  • Selalu menemui kegagalan pada saat proses flashing dengan berbagai cara
  • Flashing dengan flashtool berjalan normal, namun setelah hampir selesai justru ada notifikasi failed
  • Wipe data atau factory reset sukses, namun saat dinyalakan tetap bootloop atau stuck logo tanpa bisa masuk system
  • Beberapa kemungkinan lainnya yang masih banyak lagi

Dengan beberapa yang sudah saya jelaskan diatas sebaiknya kita mulai berhati - hati dalam merawat smartphone android kita agar lebih awet. Mulai dari cara melakukan charger dan penggunaannya. Karena eMMC ini tergolong mahal jika kita harus menggantinya, dan tidak jarang pengguna android justru lebih memilih membeli smartphone baru ketimbang harus mengeluarkan uang untuk membeli eMMC.


Jika eMMC mulai lemah cobalah melakukan flashing rom ke rom default original sesuai penyedia devices yang anda gunakan untuk meminimalisir agar eMMC tidak rusak.

Dan sebelum memutuskan untuk melakukan penggantian eMMC anda bisa melakukan cek kesehatan eMMC android dengan menggunakan aplikasi eMMC Brickbug Check dari Playstore. Tentu android anda harus dalam keadaan normal dan sudah Root untuk bisa melakukan pengecekan eMMC dengan aplikasi ini.



Apakah Bisa eMMC Rusak Diganti Baru ?


Tentu anda bisa mengganti eMMC baru di service center resmi dari smartphone yang anda gunakan. Namun beberapa konter juga sudah banyak yang menyediakan eMMC untuk devices android baru. Dan eMMC tiap - tiap merk android berbeda satu sama lain. Jadi pastikan anda menyerahkan tugas ini ke service center resmi atau konter terpercaya langganan anda.


Untuk kisaran harga dari eMMC sendiri antara $35 sampai $70. Ini yang menyebabkan pengguna android cenderung memilih membeli device baru daripada harus merogoh kocek sebesar itu untuk memperbaiki eMMC. Namun jika itu device android kesayangan anda tidak ada salahnya jika diganti.


Itulah informasi tentang Penyebab dan Tanda - Tanda eMMC Lemah atau Rusak, semoga bermanfaat buat anda dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda