Mengenal Lebih Jauh Tentang Jenis CPU Governor - Andro-ID

Senin, 18 Februari 2019

Mengenal Lebih Jauh Tentang Jenis CPU Governor

Mengenal Lebih Jauh Tentang Jenis CPU Governor - CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit. Perannya sangat penting dalam mendukung kinerja sebuah devices yang dalam hal ini adalah android. Setiap android sudah memiliki hardware masing - masing tentang kecepatan CPU yang tertanam.


Mengenal Lebih Jauh Tentang Jenis CPU Governor

CPU Governor android sendiri memiliki arti bagaimana CPU bekerja dengan skema yang sesuai dengan jenis governor yang digunakan oleh kernel android dan selanjutnya menentukan bagaimana mengontrol frekuensi prosesor devices android itu sendiri. Simplenya setiap jenis cpu governor memiliki kinerja yang berbeda satu sama lainnya.


Dalam sebuah smartphone android setiap kernel memiliki kemampuan yang berbeda dalam membaca support jenis CPU Governor. Ada yang bisa mendeteksi banyak jenis dan ada yang hanya bisa membaca beberapa jenis governor.


Untuk melihat jenis CPU Governor yang sedang anda gunakan bisa menggunakan aplikasi CPU-Z dari Playstore

Lebih jelasnya silahkan simak beberapa jenis CPU Governor yang ada di android berikut ini.


1. Performance


CPU Governor jenis ini akan memaksa CPU melakukan load maksimal speed. Dalam artian jika CPU android memiliki kecepatan speed 2 Ghz maka dengan governor ini akan selalu berupaya mencapai kecepatan tertinggi tersebut.


Penggunaan governor ini sering di dapati pada gamers yang membutuhkan speed dalam memainkan grafik game nya. Namun dari segi kekurangan governor ini akan sangat cepat menguras daya baterai karena kebutuhan kinerjanya yang tinggi. Dan tidak jarang juga devices android akan memiliki suhu panas diatas rata - rata penggunaan normal.


2. Powersave


Kebalikan dari jenis governor Performance maka cpu jenis powersave ini akan memaksa android mengambil nilai terendah dari speed yang ada. Tentu ini akan membuat android sangat irit dalam penggunaan baterai namun kinerja android akan sangat lambat bahkan akan lag.


Ini karena cpu yang digunakan selalu pada speed terendah secara konstan dan terus menerus. Cpu governor jenis ini cocok untuk anda yang memiliki daya baterai kecil dan membutuhkan penghematan daya ekstra.


3. Userspace


CPU Governor Userspace ini berdiri mandiri dalam artian anda bebas menentukan settingan sesuai dengan keinginan anda. Namun tidak banyak kernel android yang support untuk menjalankan governor userspace.


4. Ondemand


CPU Governor Ondemand ini memiliki kelebihan yaitu sangat cepat dalam menaikkan speed cpu pada saat digunakan dan sangat cepat juga menurunkannya saat cpu iddle atau tidak dibutuhkan speed tinggi. Ini akan sangat terasa saat kita membuka aplikasi multitasking menjadi ringan namun juga menjaga balance daya baterai yang seimbang dan cerdas.


CPU Jenis ini sangat digemari untuk anda yang menggunakan smartphone dalam pekerjaan karena Ondemand tidak hanya menawarkan speed yang anda butuhkan namun juga memberi anda jaminan akan hematnya daya baterai yang dibutuhkan.


5. Conservative


Governor jenis ini hampir sama dengan Ondemand, namun yang membedakan CPU Conservative akan bekerja menaikkan CPU dengan pelan dan teratur dan sangat cepat menurunkan cpu ke level terendah saat tidak digunakan.


Secara teori cpu jenis ini lebih irit dalam penggunaan baterai karena naiknya speed perlahan dan turunnya cpu sangat cepat dan mendadak. Namun dari segi kekurangan cpu jenis ini sedikit lag.


6. Interactive


CPU jenis ini berlawanan dengan Conservative, dimana saat menaikkan speed cpu akan sangat cepat namun saat menurunkan speed akan perlahan dan lambat. Dengan begitu otomatis cpu jenis ini akan sedikit boros penggunaan baterainya dibandingkan  Conservtive dan Ondemand. Namun secara kinerja lebih baik dibandingkan Conservative.

Itulah beberapa jenis cpu governor android yang bisa anda pilih mana yang menurut anda menunjang kebutuhan dalam penggunaan android anda. Anda bisa Membatasi Maksimal Speed CPU Android atau Mengubah Jenis CPU Governor pada devices android jika sudah memiliki akses root dan terinstal busybox. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda