Memperbaiki Kamera Android Error (Root) - Andro-ID

Senin, 25 Maret 2019

Memperbaiki Kamera Android Error (Root)

Memperbaiki Kamera Android Error (Root) - Kali ini saya akan berbagi tutorial memperbaiki kamera android yang tiba - tiba error. Tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi kamera menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah smartphone. Salah satu tanda jika kamera error adalah saat dibuka akan muncul peringatan kamera tidak terhubung, force stop, fatal error dan sebagainya.


Memperbaiki Kamera Android Error (Root)

Tips ini bisa anda terapkan pada semua jenis merk dan type android. Dan karena kita akan memperbaiki aplikasi kamera yang notabene merupakan aplikasi system maka sebelum masuk ke tutorial ini pastikan device android anda sudah dalam keadaan rooted.


Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dilengkapi untuk memperbaiki aplikasi kamera bawaan system yang error :

  • Android harus sudah dalam keadaan root
  • Siapkan firmware updater original berformat zip sesuai OS terakhir yang anda gunakan (firmware yang diinstal melalui updater atau twrp recovery, bukan flashtool)
  • Aplikasi File manager yang support akses root (Misal : Root explorer, Xplore File Manager, dan sebagainya)

Langkah - Langkah Memperbaiki Kamera Android Error


1. Extract folder kamera dari firmware updater anda. Biasanya ini berada di /system/priv-app/disini. Simpan folder kamera yang sudah di extract tadi ke memory internal atau Sdcard anda. Dalam contoh ini saya menggunakan device android dengan rom MIUI Global. Perhatikan gambar dibawah ini.



Nama folder kamera bisa berbeda - beda sesuai rom dan device android

2. Buka file manager andalan anda yang support root. Pastikan akses R/W (Read/Write) sudah diaktifkan.


Karena kita akan melakukan perubahan pada file system maka izin root seperti ini diperlukan

4. Masih di file manager, cari lokasi dimana folder Kamera berada. Seperti contoh sebelumnya lokasi folder dari aplikasi kamera berada si /System/priv-app/Disini. Lalu copy semua isi dari folder kamera hasil extract firmware tadi ke lokasi default kamera anda yang ada di system. Jika ada notifikasi bahwa file tersebut sudah ada dan akan ditimpa/replace pilih saja Replace.



Anda harus memilih replace atau timpa karena kita akan melakukan penggantian apk dan file odex dari aplikasi kamera yang error dengan yang baru

Sekarang aplikasi kamera system dan file odex pendukungnya sudah berhasil kita ganti dengan yang baru. Tahap selanjutnya adalah melakukan setting permission dari setiap folder, subfolder dan isi file odex pendukung tersebut. Ubah permissionnya dengan izin seperti gambar dibawah ini (ubah permission satu persatu).


Pengaturan izin folder kamera adalah rwx-rx-rx atau chmod 755 :



Pengaturan izin subfolder arm64 adalah rwx-rx-rx atau chmod 755 :



Pengaturan izin isi file dalam folder arm64 (odex) adalah rwx-r-r atau chmod 744 :



Kemudian ubah permission menjadi rw-r-r atau chmod 644 pada file APK aplikasi Camera yang ada dalam folder inti camera tersebut. Lihat gambar berikut ini :



Tahap selanjutnya adalah bersihkan file sisa cache dan dalvikcache device android anda untuk menghindari crash. Ini bisa anda lakukan melalui TWRP Recovery atau langsung melalui aplikasi Link2Sd.


Tahap terakhir silahkan reboot android dan saat menyala silahkan coba buka dan gunakan aplikasi kamera anda. Seharusnya kamera sudah berfungsi normal kembali.


Sebagai alternative lain anda juga bisa menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga seperti FV-5 Pro Camera, Google Camera, Manual DSLR Camera, dan sebagainya. Cara ini juga bisa anda terapkan untuk memperbaiki aplikasi system lainnya.


Itulah tutorial kali ini tentang Memperbaiki Kamera Android Error (Root), jika ada pertanyaan silahkan masukkan dalam kolom komentar atau hubungi kami melalui halaman kontak.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda