Mengatasi Unfortunately android.process.media has stopped di Android - Andro-ID

Sabtu, 13 April 2019

Mengatasi Unfortunately android.process.media has stopped di Android

Mengatasi "Unfortunately android.process.media has stopped" di Android - Artikel kali ini saya akan membahas bagaimana Mengatasi "Unfortunately android.process.media has stopped" di Android. Ini sering terjadi pada saat kita selesai melakukan flashing untuk upgrade maupun downgrade android. Biasanya tanpa melakukan wipe data atau factory reset selesai melakukan flashing.


Mengatasi "Unfortunately android.process.media has stopped" di Android

Sebelum melanjutkan ke tutorial disini saya akan menjelaskan penyebab terjadinya "Unfortunately android.process.media has stopped" di Android. Notifikasi popup ini akan terus menerus muncul dan mengganggu sehingga kita akan kesulitan mengakses menu yang ada pada smartphone android.


Berikut ini adalah beberapa penyebab yang menimbulkan terjadinya "Unfortunately android.process.media has stopped" di Android :

  • Corrupt media file karena kesalahan memindahkan aplikasi system ke user apps
  • Proses downgrade firmware tanpa melakukan wipe data atau factory reset
  • Mengubah aplikasi media dengan aplikasi pihak ketiga
  • Setting permition dari aplikasi system yang tidak tepat
  • Kesalahan pada editing file build.prop
  • Kesalahan pemilihan firmware pada saat flashing

Dari beberapa penyebab diatas yang paling dominan adalah kesalahan dalam proses downgrade firmware tanpa melakukan wipe data atau factory reset. Sebenarnya hal ini bisa dikategorikan sebagai bukan suatu kesalahan melainkan sebuah pilihan.


Beberapa user android memilih tidak melakukan wipe data karena alasan keamanan data dan file penting yang mereka miliki. Dan hal ini hampir mayoritas pengguna android memutuskan hal yang sama, yaitu tanpa melakukan wipe data setelah proses downgrade selesai.


Disini saya akan membagikan 2 (dua) cara Mengatasi "Unfortunately android.process.media has stopped" di Android. Silahkan simak caranya dibawah ini.


1. Hapus Data Aplikasi Galery (No Root)


Cara pertama adalah dengan menghapus data aplikasi galery anda. Pasti akan timbul pertanyaan apakah cara ini akan menghapus seluruh file penting termasuk foto dan video dalam galery kita ? Jawabannya tentu saja tidak. Kita akan menghapus data dengan asumsi untuk membersihkan sisa cache dan dalvilcache lama serta mengembalikan aplikasi galery ke setelan default.


Untuk menghapus data aplikasi galery silahkan masuk melalui Setelan>Apps>cari aplikasi galery>lalu pilih Clear Data.


Atau anda bisa menggunakan aplikasi Link2SD dan menghapus data aplikasi Galery langsung melalui aplikasi Link2SD. Setelah berhasil silahkan lakukan reboot android anda dan seharusnya notifikasi "Unfortunately android.process.media has stopped" di Android tidak muncul lagi.



Disini anda akan mengalami sedikit kesulitan dalam mengakses menu setelan maupun aplikasi Link2SD karena popup dari "Unfortunately android.process.media has stopped" akan terus menerus muncul. Jadi upayakan kecepatan dan kesabaran dalam mengaksesnya.

2. Replace Aplikasi Galery dan Setting Permisionnya (Root Needed)


Untuk cara yang kedua ini membutuhkan akses root. Karena kita akan mengganti aplikasi galery yang corrupt dengan aplikasi galery fresh yang diambil dari file firmware updater atau firmware yang berformat zip yang biasa diinstal melalui TWRP Recovery (Bukan firmware fastboot). Cara ini bisa menjadi alternative jika anda tidak bisa masuk ke system android.


Pertama ambil file galery dari firmware original android anda, Sebagai contoh disini saya menggunakan firmware MIUI, file ini biasanya berada di /system/priv-app/Disini. Dalam contoh ini folder galery bernama MiuiGallery.


Sesuaikan lokasi dan nama folder dengan firmware android yang anda gunakan.


Extract file tersebut dan ambil APK dari aplikasi Galery. Simpan ke internal android anda.



Sekarang reboot android anda dan masuk ke TWRP Recovery. Pada tampilan awal menu TWRP silahkan pilih mount lalu ceklist dan pilih system. Kemudian kembali ke beranda atau tampilan TWRP lagi.



Langkah selanjutnya pilih menu advanced lalu pilih file manager. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.



Pada tahap ini cari dimana anda menyimpan file apk dari MiuiGallery.apk sebelumnya dalam internal android anda. Kemudian pilih Copy atau salin. Paste ke lokasi default dari aplikasi galery tersebut. Dalam contoh sebelumnya maka saya akan paste di /system/priv-app/MiuiGallery/Disini.


Klik pada MiuiGallery.apk yang baru saja anda paste ke lokasi system default dan pilih chmod.



Kemudian ubah permisionnya menjadi chmod 0644 dan save. Jangan lupa geser ke kanan swipe to confirm untuk verifikasi.



Langkah terakhir silahkan reboot android anda dan seharusnya notifikasi popup dari "Unfortunately android.process.media has stopped" di Android tidak akan muncul lagi.


Itulah tutorial kali ini tentang Mengatasi "Unfortunately android.process.media has stopped" di Android, jika ada pertanyaan silahkan hubungi kami melalui halaman Contact atau langsung pada kolom komentar. Sekian dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda