Uninstal Aplikasi Bawaan System Android Tanpa Root Via Adb Mode - Andro-ID

Kamis, 18 April 2019

Uninstal Aplikasi Bawaan System Android Tanpa Root Via Adb Mode

Uninstal Aplikasi Bawaan System Android Tanpa Root Via Adb Mode - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara menghapus/uninstal aplikasi bawaan bahkan aplikasi system android tanpa root. Ini bisa dilakukan dengan metode ADB Shell. Karena kita akan melakukan metode shell yang mampu memberi akses ke system seperti layaknya android root. Meskipun hal ini saya katakan sebagai temporary root akses.



Ini sangat cocok untuk anda yang memiliki ponsel android dan ingin menghapus beberapa aplikasi bawaan system yang tidak atau jarang dipakai. Tentu disini anda lah yang akan menentukan tingkat resikonya. Kesalahan menghapus aplikasi system bisa membuat kinerja android tidak stabil bahkan resiko tertinggi adalah terjadinya bootloop.


Beberapa alasan pengguna android ingin mengurangi jumlah aplikasi bawaan yang terinstal otomatis diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Memory Penuh Saat Ingin Menginstal Aplikasi Lain


Beberapa device android low end dengan kapasitas memory kecil sering menemui masalah seperti ini. Namun untuk kelas high end seperti seri Samsung J5 juga menemui masalah memory penuh. Meskipun sebenarnya aplikasi yang terinstal tidak banyak dan saat di cek kapasitas memory juga masih tersedia cukup banyak.


2. Kinerja Android Semakin Berat


Alasan yang kedua ini sepertinya cukup rasional ketika anda memiliki banyak aplikasi maka kebutuhan akan speed cpu dan proccesor juga di tuntut untuk mengikutinya. Tentu dengan begitu semakin banyak aplikasi yang anda instal akan semakin mengurangi kinerja android dibawah angka stabil dari rata - rata standartnya.


Dan jika anda ingin mempertahankan aplikasi yang anda sukai maka hal terbaik adalah mengurangi instalasi dari aplikasi bawaan system yang tidak digunakan atau tidak anda butuhkan fitur - fiturnya.


3. Handphone Memiliki Suhu Panas


Dan alasan yang ketiga masih berhubungan dengan nomor dua diatas. Namun lebih spesifik bahwa ini karena penggunaan dari CPU dan RAM android karena proses latar belakang (Background Service) khususnya aplikasi system yang selalu berjalan untuk sinkronasi data secara otomatis.


Jika anda pengguna android root bisa saja mengatasi masalah ini dengan sangat mudah seperti Membatasi Speed CPU Android atau dengan Membatasi Background Service dengan Servicely. Atau jika anda paham tentang modifikasi pengaturan kernel anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Franco Kernel Manager, Kernel Toolkit dan aplikasi serupa lainnya.


Uninstal Aplikasi Bawaan System Android Tanpa Root Via Adb Mode


Beberapa hal yang harus anda siapkan dalam menghapus aplikasi bawaan android via adb tool ini adalah sebagai berikut :

  • PC/Laptop dengan Operating System Windows
  • Sudah terinstal ADB Driver
  • Download dan Extract ADB Tool
  • Kabel USB original

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan device android anda. Hidupkan fungsi Opsi Pengembang atau Developer. Lalu aktifkan USB Debugging. Ini bertujuan agar android terbaca di  ADB Tool PC/laptop kita.



Menu ini ada di Setelan > Setelan Tambahan > Opsi pengembang. Jika tidak ada silahkan ke menu setelan tentang ponsel dan klik beberapa kali pada versi OS atau ROM yang anda gunakan hingga muncul opsi pengembang.

Koneksikan android ke pc via usb. Lalu buka folder hasil extract adb tool tadi dan klik cmd.exe. Pada layar command prompt silahkan masukkan perintah adb devices lalu enter. Pada tahap ini lihat di layar ponsel android anda. Maka popup notifikasi perizinan dari konektivitas adb ke pc akan muncul disana.



Ceklist lalu klik OK untuk konfirmasi koneksi adb. dan android akan terbaca dengan serial kode koneksinya.



Jika muncul tulisan error "Unauthorized" silahkan ulangi memasukkan perintah adb devices lalu enter lagi hingga device terbaca seperti gambar diatas

Kembali ke adb tool, masukkan perintah adb shell lalu enter. Maka disini kita sudah memiliki akses ke aplikasi system.



Dan perintah selanjutnya sebagai contoh disini saya akan menghapus aplikasi Bug Report dari MIUI. Maka masukkan perintah pm uninstall -k --user 0 com.miui.bugreport lalu enter.



Jika ada pesan success maka aplikasi sudah berhasil di uninstal. Lakukan perintah tersebut dengan mengganti identitas aplikasi com.miui.bugreport dengan kode identitas dari aplikasi lain yang ingin anda uninstal.


Lalu Dimana Saya Bisa Menemukan Kode Identitas Aplikasinya ?


Pertanyaan ini akan muncul karena setiap aplikasi memiliki kode identitas yang berbeda - beda satu sama lain. Untuk mengetahui kodenya silahkan manfaatkan fitur dari aplikasi Link2SD. Buka aplikasi link2sd nya > cari aplikasi yang akan di uninstal > catat kodenya.



Untuk selanjutnya masukkan perintah ke adb tool dengan format seperti diatas, yaitu "pm uninstall -k --user 0 kode-aplikasi". Silahkan ganti kode-aplikasi dengan kode yang anda dapatkan dari link2sd tadi ya.


Langkah terakhir jika anda selesai menghapus aplikasi silahkan reboot android anda dan seharusnya aplikasi yang anda uninstal melalui metode ADB ini sudah tidak ada lagi.


Sebagai tambahan jika anda pengguna rom MIUI silahkan baca Aplikasi Bawaan System Yang Aman dihapus.


Untuk pengguna Samsung anda juga bisa menghapus aplikasi office seperti word,excel,powerpoint dan sebagainya dan menggantinya dengan satu aplikasi saja yaitu WPS Office Pro. Ini akan mengurangi penggunaan memory karena anda mengganti 3 aplikasi office dengan 1 aplikasi WPS Office saja.


Perhatikan untuk selalu berhati - hati dalam menentukan aplikasi yang ingin anda hapus. Kami hanya membagikan informasi dan tidak bertanggungjawab atau menjamin apapun jika terjadi kesalahan yang anda lakukan dalam praktiknya. Segala informasi di blog ini sudah melalui tahap uji coba sebelum kami bagikan

Demikian tutorial kali ini tentang Uninstal Aplikasi Bawaan System Android Tanpa Root Via Adb Mode, jika ada pertanyaan silahkan masukkan dalam kolom komentar atau langsung hubungi kami melalui halaman Contact. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda