Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android - Andro-ID

Kamis, 23 Mei 2019

Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android

Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android - Android memiliki pangsa yang besar dalam jajaran smartphone. Ini dibuktikan dalam eksistensinya hingga saat ini sebagai smartphone dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia. Beberapa hal sepele yang sering dilakukan saat menggunakan android bisa juga memiliki dampak yang fatal pada jangka panjangnya. Disini saya akan merangkum beberapa hal yang saya maksud diatas yang mungkin saja sering anda lakukan meskipun tanpa anda sadari.


Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android

Beberapa hal yang sering dilakukan pengguna android yang bisa berdampak fatal :


1. Menggunakan Smartphone Sambil Di Charger


Kita sering menjumpai banyaknya pengguna android yang tak bisa lepas dari smartphone mereka bahkan ketika android butuh pengisian daya baterai. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena kebutuhan mobilitas penggunanya yang tinggi.

Namun jika hal tersebut dilakukan terus menerus maka dampak negative akan muncul, diantaranya melemahnya kemampuan baterai, menurunnya kualitas baterai dalam kinerjanya, bahkan bisa juga terjadi kerusakan pada CPU maupun proccesor jika digunakan untuk bermain game dengan kebutuhan cpu dan daya yang tinggi.


Jadi lebih baik jika anda tidak menggunakan smartphone saat sedang di charger demi keamanan dan kesehatan smartphone android anda.


2. Setting Jaringan 4G Only di daerah yang lemah sinyalnya


Demi menuntut kecepetan internet banyak pengguna android memilih mengunci jaringan 4G Only. Hal ini sangat bagus jika dilakukan pada daerah yang memiliki full sinyal dimana android mampu menangkap sinyal 4G dan menguncinya untuk menstabilkannya.


Berbeda jika kita "memaksa" daerah yang memiliki keterbatasan sinyal 4G untuk menguncinya. Ini akan membuat android semakin panas suhunya dan lama kelamaan akan membuat kinerja cpu anda menjadi lambat, tidak stabil atau bahkan rusak.


Hal terbaik jika berada di daerah minim sinyal 4G adalah dengan melakukan pengaturan auto pada type jaringan yang dipilih.


Ini akan membuat android mendeteksi jaringan terbaik dan stabil di daerah anda berada.


3. Melakukan Overclock CPU


Bagi anda pengguna android root maka memang sangat bebas dalam memodifikasi system, bahkan meskipun itu system yang bersifat riskan sekalipun.


Seperti cpu, ketika pengguna android memutuskan untuk melakukan overclock maka akan sangat membahayakan kesehatan dari cpu anda sendiri. Mengapa hal ini bisa terjadi ?


Beberapa type smartphone android di desain dan memiliki batasan speed cpu maximal yang di izinkan dalam fungsinya menjalankan operating system. Sebagai contoh jika batasan cpu 2 Ghz maka jika dilakukan overclock akan mampu memaksa cpu di angka yang jauh dari batasannya, misalnya hingga 2.5 Ghz.


Dari segi kecepatan maka system akan lebih bekerja dengan cepat di cpu paling atas, namun seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa hal ini akan memicu terjadinya hang karena cpu overhead terlalu panas dan baterai juga akan cepat terkuras.


Overclock cpu sangat membahayakan perangkat android. Kemungkinan terburuk adalah bisa terjadi hardbrick.


4. Melakukan Charger dengan Powerbank kualitas rendah


Banyak sekali merk powerbank yang beredar di pasaran. Namun sebagai pembeli anda harus jeli dan teliti dalam memilih powerbank terbaik.


Penggunaan powerbank yang berkualitas rendah akan mudah merusak kesehatan baterai smartphone kita. Mungkin saja pengisian cepat penuh namun berkurangnya juga cepat sekali.


Tapi jika anda paham tentang merk powerbank terbaik dan memiliki real capacity serta output sesuai standart yang di rekomendasikan, maka hal tersebut tidaklah menjadi masalah.


Meskipun anda menggunakan powerbank dengan kualitas baik tetapi gunakan dengan bijak atau dalam kondisi darurat saja. Jika ada kemungkinan menggunakan charger original lebih baik gunakan charger.


5. Menonaktifkan fitur auto lock dan screen off


Ada juga pengguna android yang tidak ingin smartphone nya terkunci atau layarnya mati saat tidak digunakan. Padahal hal ini sangat perlu dilakukan untuk mengistirahatkan cpu dan layar ketika tidak ada aktifitas.


Ingat bahwa smartphone android terdiri dari mesin dan komponen - komponen hardware yang tentunya perlu waktu istirahat juga layaknya manusia. Penggunaan yang overtime akan membuat kinerja semakin melemah seiring berjalannya waktu.


Hal bijak yang bisa anda lakukan adalah tetap mengaktifkan auto lock dan screen time off pada batas waktu tertentu. Ini akan mengurangi resiko smartphone rusak atau turun kinerjanya.


Demikian artikel kali ini, jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tulis di kolom komentar atau langsung hubungi kami melalui halaman Contact. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda