Sebelum Memutuskan Melakukan Flash Ulang Android Coba Tips Berikut Ini - Andro-ID

Jumat, 24 Mei 2019

Sebelum Memutuskan Melakukan Flash Ulang Android Coba Tips Berikut Ini

Sebelum Memutuskan Melakukan Flash Ulang Android Coba Tips Berikut Ini - Saat kita menjumpai sebuah problem yang ditemukan pada smartphone android pasti dipikiran kita langkah terakhir adalah memutuskan untuk melakukan factory reset atau bahkan flash ulang. Sebenarnya itu memang langkah terbaik karena dengan melakulan flashing maka semua file system yang sebelumnya error akan mampu diperbaiki secara otomatis. Namun tentu saja ini tidak serta merta menjadi nilai plus, karena kita harus siap kehilangan semua data yang ada di smartphone android, baik itu file video, foto maupun dokumen penting lainnya.


Sebelum Memutuskan Melakukan Flash Ulang Android Coba Tips Berikut Ini

Terlebih lagi jika anda adalah pengguna android root, tentu sangat disayangkan juga jika hanya karena satu atau beberapa aplikasi system yang error harus dilakukan factory reset. Karena akses tingkat root pada pengguna android bisa dibilang tak terbatas dalam menangani dan memodifikasi file system.

Disini saya akan menjelaskan beberapa hal yang bisa anda coba sebelum memutuskan untuk melakukan flash ulang smartphone android anda. Berikut penjelasannya.


1. Identifikasi Penyebab Error


Cari apakah keterangan error yang terjadi pada aplikasi system dan coba perbaiki dengan menghapus data dari aplikasi yang error tersebut. Misalkan anda menemui aplikasi galery atau camera yang error, coba hapus data dulu aplikasi yang bersangkutan. Lakukan hal yang sama jika aplikasi system yang  error lebih dari 1 (satu).

Jangan khawatir kehilangan file penting karena menghapus data aplikasi system hanya akan membuat aplikasi tersebut kembali ke setelan default dan tidak menghapus berkas maupun file yang tersimpan sebelumnya.


2. Google Playstore Error Blank Putih


Ditandai dengan seperti tanpa koneksi data tiba - tiba aplikasi Playstore tidak bisa diakses. Ini biasanya terjadi setelah kita menggunakan aplikasi VPN yang bersifat auto sinkron pada semua aplikasi, salah satunya aplikasi freedom.

Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba menghapus file hosts yang ada di folder /system/etc/disini dan restart android anda. Saya sudah pernah membahasnya pada artikel sebelumnya Disini.


3. Google Play Store Gagal Menginstal atau Update Aplikasi


Kasus kedua yang juga sering terjadi adalah Playstore selalu gagal menginstal aplikasi padahal memory internal masih sangat cukup. Untuk memperbaiki ini anda bisa mencoba tips seperti artikel saya sebelumnya tentang Memperbaiki Gagal Update Aplikasi Dari Google Playstore.


Cara tersebut pernah saya terapkan dan terbukti berhasil mengembalikan Playstore menjadi normal lagi. Dan tentunya sudah sangat jelas pada artikel tersebut bahwa sangat simple dalam memperbaiki hal ini.


4. Aplikasi Kamera Bermasalah


Salah satu tanda jika aplikasi kamera bermasalah adalah saat melakukan foto tiba - tiba ada notifikasi "Kamera Tidak Terhubung". Ini bisa anda atasi dengan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga.


Anda bisa mencoba daftar aplikasi kamera terbaik android seperti FV-5 Pro, DSLR Manual Camera, MIUI Camea Original, GCam (Google Camera) dan lain sebagainya.


5. Update Youtube Lalu Android Bootloop


Hal ini sering dijumpai pada pengguna android dengan ROM besutan MIUI. Awalnya karena ingin melakukan update aplikasi Youtube malah berimbas pada terjadinya bootloop di smartphone android kita.


Untuk mengatasi hal tersebut silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Mengatasi Android Bootloop setelah update Youtube.


6. Salah Menghapus Aplikasi Bawaan System Yang Penting


Masih seputar MIUI, kesalahan menghapus aplikasi system bisa berdampak pada terjadinya error di android kita. Namun jika anda ingin menghapus beberapa aplikasi bawaan rom MIUI silahkan baca artikel yang sudah pernah saya bahas tentang aplikasi bawaan system miui yang aman dihapus.


Jika memang kesalahan menghapus sudah terjadi silahkan coba untuk memperbaiki atau menginstal ulang aplikasi system yang terhapus tadi secara manual. Untuk caranya kurang lebih sama pada artikel saya sebelumnya Menginstal Ulang Aplikasi System Camera Asli. Yang membedakan hanyalah file apk dari aplikasi yang ingin kita perbaiki saja.


Sebagian dari beberapa cara diatas memerlukan akses root agar bisa dilakukan. Jika semua cara diatas tidak memberikan hasil yang diinginkan barulah langkah terakhir kita bisa melakukan wipe data/factory reset maupun flash ulang android kita.


Perhatikan untuk selalu menggunakan firmware yang tepat dalam flashing, karena kesalahan dalam memilih firmware bisa menyebabkan android mati total dan bahkan hardbrick.


Semua cara diatas sudah melalui hasil uji coba yang kami lakukan sebelum kami bagikan. Jadi lakukan dengan teliti karena segala resiko dalam eksekusi bukan menjadi tanggungjawab kami.

Demikianlah tips kali ini tentang Sebelum Memutuskan Melakukan Flash Ulang Android Coba Tips Berikut Ini. Jika ada pertanyaan silahkan tulis dalam form komentar dibawah ini atau langsung hubungi kami melalui halaman Contact. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda