Tentang Google Play Protect dan Bagaimana Menggunakannya - Andro-ID

Rabu, 26 Juni 2019

Tentang Google Play Protect dan Bagaimana Menggunakannya

Tentang Google Play Protect dan Bagaimana Menggunakannya - Play Protect adalah sebuah antivirus default yang sudah termasuk dalam paket instalasi Google Playstore. Aplikasi ini mampu mendeteksi aplikasi lain yang terinstal di android anda apakah berbahaya atau tidak. Dan secara langsung mengirimkan informasi kepada anda jika ditemukan malware dalam sebuah aplikasi yang baru saja anda instal, bahkan informasi ini akan muncul sebelum anda selesai melakukan instalasi.

Terlepas dari semua itu, Play Protect juga memberi anda keleluasaan untuk memilih apakah membatalkan dan menghapus instalasi aplikasi berbahaya yang terdeteksi atau tetap melanjutkan pemasangan dengan konsekuensi yang menjadi tanggungjawab anda jika memaksa meneruskan instal.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana bisa aplikasi Play Protect ini mampu medeteksi dan apakah fitur ini perlu diaktifkan dalam sebuah smartphone android.


Cara Kerja Play Protect


Tentang Google Play Protect dan Bagaimana Menggunakannya

Dari cara kerjanya aplikasi ini akan selalu melakukan update berkala tentang jenis, nama dan virus apa yang ada di aplikasi lain, khususnya aplikasi dari sumber instalasi selain Google Playstore atau aplikasi pihak ketiga yang anda unduh melalui situs - situs lain. Update akan dilakukan terus menerus untuk mengumpulkan informasi tentang virus terbaru.

Selain mendeteksi virus Play Protect juga mengidentifikasi kinerja dan string apa saja yang akan dilakukan sebuah aplikasi yang akan anda instal. Ini meliputi bagaimana aplikasi tersebut bekerja dan apa saja data kolektif yang mereka kumpulkan dalam suatu database.


Jika terdapat pelanggaran sebuah privasi atau suatu hal yang menyangkut data pengguna dan keamanan devices android, maka Play Protect akan sesegera mungkin melakukan tindakan pencegahan dengan cara memblokir instalasi. Pencegahan biasa dilakukan saat proses instalasi belum selesai.

Namun seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa keputusan ada ditangan anda. Jika dirasa anda tetap ingin dan yakin melanjutkan instalasi maka pilih saja menu "tetap instal (tidak aman)" saat notifikasi Play Protect muncul.


Lalu apakah semua aplikasi yang terdeteksi oleh Play Protect selalu berbahaya ?


Jawabannya Tidak semuanya berbahaya. Ini bisa dilihat dari segi kebutuhan pengguna android itu sendiri yang bisa menjadi sebuah perbedaan satu sama lain.


Sebagai contoh jika kita melakukan rooting device android. Kemungkinan terbesar aplikasi Superuser atau sejenisnya akan di deteksi oleh Play Protect. Hal ini sangatlah wajar karena dengan melakukan rooting maka kita memiliki akses yang luas dan tak terbatas dalam file system. Sehingga ini dianggap membahayakan oleh Play Protect.


Namun jika anda pengguna root pasti yakin dan membutuhkan aplikasi superuser tersebut dan tetap memasangnya.


Ada pertanyaan kenapa superuser di deteksi ? Ini karena jika anda pengguna android normal atau biasa dirasa tidak membutuhkan aplikasi ini dan tentunya rooting ponsel akan menghanguskan garansi device android anda.


Bisa juga bertujuan bahwa Play Protect ingin memberikan informasi jika anda pengguna root agar senantiasa berhati-hati dalam melakukan modifikasi file system. Karena pengguna root memiliki akses tak terbatas pada sebuah device android dan mampu merombak serta membongkar semua isi android bahkan dalam file yang sebelumnya sangat terproteksi sekalipun.


Hal ini juga berlaku pada aplikasi lain, seperti LuckyPatcher, Magisk, Xposed dan sebagainya.


Seberapa Penting Play Protect Ini Untuk Android ?


Dari fitur yang saya jelaskan diatas, maka aplikasi Play Protect sangatlah penting menurut saya. Karena kita tidak bisa memantau terus menerus tentang aplikasi apa saja yang berbahaya.


Dan secara default Google telah mengaktifkan fitur Play Protect ini secara otomatis sejak pertama kali anda login akun Google pada smartphone android.


Cara Mengaktifkan Fitur Play Protect di Android


Untuk cara mengaktifkan fitur ini silahkan buka Playstore anda. Kemudian klik menu dan pilih Play Protect.



Akan muncul tampilan dimana jika Play Protect aktif anda dapat melakukan scanning secara manual. Namun jika belum silahkan klik menu di sudut kanan atas.



Lalu aktifkan kedua tombol aktivasi menu dari Play Protect dan Play Protect telah berhasil diaktifkan.



Dengan mengaktifkan fitur Play Protect kita bisa mendapatkan notifikasi jika suatu saat ada aplikasi yang berbahaya. Sehingga kita bisa dengan cepat memblokir atau menghapus aplikasi tersebut sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada devices android kita.


Demikianlah informasi kali ini tentang Tentang Google Play Protect dan Bagaimana Menggunakannya, semoga memberikan gambaran yang cukup jelas buat anda. Sekian dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda