Disable Auto Update Pada Aplikasi Terinstal di Playstore - Andro-ID

Selasa, 23 Juli 2019

Disable Auto Update Pada Aplikasi Terinstal di Playstore

Disable Auto Update Pada Aplikasi Terinstal di Playstore - Saat kita menggunakan smartphone android dan kita biasa mengunduh aplikasi melalui Google Playstore maka secara default anda akan disarankan update otomatis jika versi terbaru dari aplikasi yang anda miliki tersedia. Ini bertujuan agar pengguna selalu mendapatkan pembaruan terkini dari aplikasi yang terinstal.


Disable Auto Update Pada Aplikasi Terinstal di Playstore

Namun bagi beberapa pengguna bisa saja memilih atau mempertahankan versi lama karena mungkin saja sudah teruji kestabilannya. Dan belum tentu versi terbaru lebih bagus daripada versi lama.


Pembahasan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana mengatur aplikasi Playstore agar tidak melakukan update otomatis dari aplikasi yang kita miliki. Namun anda tidak perlu khawatir, karena jika suatu saat ingin update anda tetap bisa melakukannya secara manual.


Kenapa Auto Update Playstore Harus di nonaktifkan ?


Sebenarnya tidak diharuskan, namun lebih kepada penghematan kuota data internet mobile. Jika anda sedang menggunakan jaringan WiFi maka hal tersebut tidak menjadi permasalahan.


Karena dengan auto update Playstore memungkinkan data internet terpusat pada 1 point saja, yaitu download pembaruan. Sehingga hal ini memicu penggunaan aplikasi online lainnya terbengkalai dan tidak jarang terjadi pending selama proses update.


Cara Disable Auto Update di Playstore


Pertama putuskan jaringan WiFi (Jika terkoneksi). Kemudian buka Playstore anda dan masuk ke menu setelan.



Lalu klik menu Update Aplikasi Secara Otomatis. Secara default akan terpilih Hanya Melalui Jaringan WiFi.



Silahkan ubah menjadi Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis.



Sampai disini pengaturan disable auto update Playstore telah berhasil dilakukan. Dan sekarang pembaruan aplikasi tidak akan dilakukan secara otomatis baik melalui jaringan WiFi maupun data mobile.


Sebagai saran tambahan beberapa aplikasi default system yang bisa dikatakan wajib untuk di perbarui adalah sebagai berikut :


1. Google Chrome

Karena pembaruan berhubungan dengan fitur javascript, flash dan webview terkini untuk supporting script terbaru dari situs favorit yang sering anda kunjungi.


Dukungan versi terbaru akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam berselancar di dunia maya.


2. Google Webview

Pembaruan berhubungan dengan aplikasi online yang sangat bergantung padanya. Aplikasi berbasis webview biasanya membutuhkan jaringan online untuk bekerja sempurna dan google webview akan menghandle setiap kebutuhan tampilannya.


3. Google Play Service

Tanpa Play Service semua aplikasi maupun game yang membutuhkan akses data pengguna atau login akun Google tidak dapat bekerja. Ini wajib anda perbarui untuk mendapatkan layanan google dan tentunya keamanan data pengguna akun google anda.


Dan hampir semua aplikasi maupun game android tidak dapat berjalan tanpa Google Play Service.


4. Google Map

Pembaruan wajib dan rutin untuk meningkatkan pengalaman pengguna dari segi mapping dan lalulintas terkini. Meliputi peraturan jalur satu arah maupun plat nomor ganjil dan genap yang diberlakukan di Indonesia.


Meskipun pembaruan otomatis telah anda disable namun jangan khawatir karena anda akan tetap mendapatkan notifikasi jika sewaktu - waktu ditemukan versi terbaru. Dan anda bisa melakukan update secara manual sesuai kebutuhan.


Demikianlah artikel kali ini tentang Disable Auto Update Pada Aplikasi Terinstal di Playstore. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda