Disable Auto Update Xiaomi Fimware - Andro-ID

Selasa, 23 Juli 2019

Disable Auto Update Xiaomi Fimware

Disable Auto Update Xiaomi Fimware - Seperti yang kita ketahui bahwa vendor Xiaomi semakin gencar melakukan update firmware dan Operating System androidnya. Ini dibuktikan dengan begitu seringnya pihak xiaomi menambahkan fitur - fitur baru pada OS terbaru mereka. Hal ini untuk menjaga kredibilitasnya sebagai jajaran smartphone kelas atas dengan para pesaingnya.


Disable Auto Update Xiaomi Fimware

Ukuran file firmware yang besar inilah menjadi koreksi kita pada pembahasan ini. Karena secara default android xiaomi melakukan download firmware secara otomatis di background services. Selain memakan space memory yang cukup besar hal ini juga membutuhkan koneksi data yang stabil.


Meskipun update dilakukan dengan rekomendasi jaringan WiFi namun tetap saja hal ini bisa memicu terjadinya file corrupt. Ini karena file firmware terlalu besar, jadi lebih banyak pengguna memilih download melalui komputer untuk menghindari terjadinya firmware corrupt.


Dari segi kebutuhan data internet juga sangat signifikan dengan ukuran yang begitu besar bahkan mencapai 1 gigabytes lebih. Disinilah saya lebih menyarankan anda download firmware xiaomi langsung melalui situs resminya via komputer daripada melalui device android.


Belum lagi jika anda pengguna android root yang melakukan rooting pada device xiaomi maka akan menemui kesulitan saat menginstal pembaruan meskipun file firmware sudah siap. Ini dikarenakan firmware hasil download OTA xiaomi membutuhkan recovery bawaan dalam instalasinya sedangkan kebanyakan pengguna root sudah melakukan customisasi TWRP Recovery untuk mengganti recovery bawaan pabrikan.


Cara Disable Auto Update Xiaomi Firmware


Untuk menonaktifkan fitur auto update (baik melalui jaringan WiFi maupun Mobile) Silahkan Nonaktifkan jaringan internet anda terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari stuck pada saat mengakses menu pembaruan.


Kemudian masuk ke pengaturan dan pilih tentang ponsel. Disana akan tertera berbagai informasi device android anda. Silahkan pilih pembaruan system.



Langkah selanjutnya klik ikon menu di kanan atas.



Tahap Selanjutnya pilih pembaruan otomatis.



Jika sudah silahkan disable tombol unduh otomatis seperti tampilan gambar berikut ini dan semua pembaruan baik melalui WiFi maupun jaringan mobile akan otomatis di hentikan untuk seterusnya.



Selesai dan silahkan nyalakan kembali koneksi data internet anda. Sekarang anda tidak perlu khawatir kehabisan kuota data internet karena fitur auto update firmware xiaomi telah berhasil di nonaktifkan.


Bagaimana Jika Ingin Update Firmware Lagi Langsung Melalui Device Android ?


Untuk anda yang ingin melakukan update kembali maka caranya bisa secara manual seperti diatas dengan masuk ke menu pengaturan lalu pilih tentang ponsel. Kemudian pada pembaruan system silahkan klik menu periksa pembaruan.


Jika ditemukan pembaruan anda bisa mengunduhnya secara langsung dan menginstalnya seperti biasa dengan catatan bahwa device android anda dalam keadaan no root.


Jika anda terlanjur rooting ponsel xiaomi maka langkah terbaik untuk melakukan update firmware atau Operating System adalah dengan mengunduhnya langsung melalui situs resmi xiaomi. Kemudian copy firmwarenya kedalam storage device xiaomi dan lakukan update via TWRP Recovery dengan metode install zip.


Demikianlah tutorial kali ini tentang Disable Auto Update Xiaomi Fimware. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda