Mengatur Speed CPU Berbeda Setiap Aplikasi di Android (ROOT) - Andro-ID

Senin, 22 Juli 2019

Mengatur Speed CPU Berbeda Setiap Aplikasi di Android (ROOT)

Mengatur Speed CPU Berbeda Setiap Aplikasi di Android - Secara default system android memaksimalkan speed CPU yang ada setiap anda menjalankan aplikasi. Ini bertujuan agar penggunaan aplikasi yang anda jalankan tidak akan lag atau lemot. Namun tahukah anda bahwa tidak semua aplikasi membutuhkan speed maksimal untuk dijalankan kecuali aplikasi games yang membutuhkan grafik ekstra.


Mengatur Speed CPU Berbeda Setiap Aplikasi di Android (ROOT)

Dalam beberapa kasus pengaturan default android yang memaksa penggunaan speed maksimal ini justru berimbas pada temperature android akan meningkat bahkan tidak jarang terjadi reboot karena terlalu panas suhunya.


Dan tentu masalah kedua adalah semakin borosnya penggunaan baterai karena dipaksa menjalankan speed CPU yang maksimal. Inilah kenapa kita harus cerdas dalam melakukan pengaturan device android yang open sources ini.

Beberapa persyaratan sebelum melakukan pengaturan CPU ini adalah sebagai berikut :


Untuk Mengatur Speed CPU Berbeda Setiap Aplikasi di Android silahkan simak caranya dibawah ini.


Pertama buka aplikasi FK Kernel Manager anda, saat ada akses Superuser pilih Allow atau Izinkan. Pilih menu Per App profile.



Silahkan buat beberapa profile yang anda butuhkan. Pastikan setiap profile memiliki batas maksimal speed CPU yang anda inginkan. Sebagai contoh saya membuat Profile dengan kapasitas maksimal CPU 1469 Ghz.


Jadi silahkan ubah angka pada menu Max CPU Frequency dengan mengisi speed maksimal anda inginkan.



Untuk pengaturan lainnya pilih Unchanged. Lalu simpan dengan klik ikon disc dibagian kanan bawah dan jangan lupa beri nama profile yang anda buat tadi.



Langkah selanjutnya masuk di tab sebelahnya yaitu tab "MY APPS". Disana akan muncul semua aplikasi yang anda miliki pada device android anda. Untuk memasukkan aplikasi apa saja yang ingin menggunakan profile yang barusan anda buat adalah dengan cara klik satu persatu aplikasinya dan pilih profile yang tadi anda buat. Jendela Apply a profile akan menampilkan pilihan profile anda.



Sampai tahap ini maka anda sudah berhasil melakukan setting maksimal speed CPU yang anda buat tadi.


Untuk mendukung aplikasi FK Kernel Manager agar selalu berjalan sempurna silahkan masuk tab OPTIONS yang ada di menu paling kanan. Aktifkan Per-App profiles service.



Anda akan dibawa ke menu Aksesibilitas. Cari dan aktifkan FK Kernel Manager dan pengaturan selesai.



Anda bisa membuat beberapa profile yang berbeda satu sama lain per aplikasi. Sehingga dengan begitu anda bisa menentukan aplikasi mana yang membutuhkan CPU maksimal default system atau sesuai batasan yang anda buat dalam profile - profile tadi.


Harap diperhatikan bahwa aplikasi FK Kernel manager membutuhkan akses auto run atau berjalan otomatis saat device android menyala. Aktifkan fitur ini pada menu perizinan aplikasinya.

Untuk aplikasi yang tidak anda masukkan dalam profile maka akan secara default menggunakan CPU Maksimal system sesuai kapasitas speed CPU device android anda.


Demikian artikel kali ini tentang Mengatur Speed CPU Berbeda Setiap Aplikasi di Android (ROOT). Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda