Cara Hard Reset Devices Android Dengan Mudah - Andro-ID

Rabu, 21 Agustus 2019

Cara Hard Reset Devices Android Dengan Mudah

Cara Hard Reset Devices Android Dengan Mudah

Cara Hard Reset Devices Android Dengan Mudah - Salah satu kendala seiring berjalannya waktu penggunaan smartphone android adalah terjadinya android semakin berat atau lemot. Ini bisa kita lihat dari kinerja yang semakin hari semakin menurun. Atau penggunaan dalam segi performa yang terasa berat atau lag. Langkah terakhir biasanya kita akan memilih untuk melakukan flash ulang melalui PC.


Namun disini anda bisa mencoba tips hard reset terlebih dahulu sebelum memutuskan flash ulang. Tidak ada salahnya langkah ini anda coba untuk memastikan apakah device android masih bisa diselamatkan dengan cara hard reset.


Perhatikan bahwa hard reset akan menghapus seluruh data di memory internal ponsel android anda. Jadi pastikan anda sudah melakukan backup atau jika devices android anda mendukung eksternal memory/sdcard silahkan lepaskan dari android untuk keamanan data anda.


1. Hard Reset Dalam Keadaan Android Menyala Normal


Cara hard reset yang pertama ini jika android anda masih dalam keadaan normal dan bisa menyala. Anda hanya ingin melakukan hard reset untuk keperluan lain, misalnya karena ingin agar device android menjadi fresh atau ringan kembali seperti pertama kali beli.


Atau karena android anda terkena virus popup dari aplikasi yang sudah anda instal sebelumnya. Ini bisa menjadi alternatif juga jika android terkena bloatware iklan yang menutupi layar ponsel secara penuh dan sangat mengganggu.


Untuk hard reset dengan cara ini silahkan masuk ke menu pengaturan kemudian pilih setelan tambahan lalu pilih buat cadangan & setel ulang.


Pada tampilan menu selanjutnya cari dan pilih kembalikan ke setelan pabrik dan tunggu prosesnya maka devices android akan melakukan reboot dan membersihkan semua android untuk kembali ke setelan awal.


Lama proses waktu hard reset ini tergantung dari seberapa banyak file dan aplikasi yang terinstal di android anda. Jika sudah maka android akan kembali menyala dan masuk system dengan tampilan beranda seperti ponsel baru saat pertama kali dinyalakan.


2. Hard Reset Melalui Mode Recovery atau TWRP


Cara kedua ini bisa menjadi alternatif jika android anda sudah tidak menyala atau bootloop. Yang terpenting disini adalah kondisi daya baterai anda harus tersisa setidaknya 30% lebih dan fungsi tombol fisik (power dan volume) masih dalam keadaan normal.


Langkah pertama dalam keadaan ponsel android mati silahkan masuk mode recovery. Secara umum silahkan gunakan kombinasi tombol power dan volume atas yang di tekan secara bersamaan hingga muncul lambang android.


Jika sudah pilih menu wipe data/factory reset. Gunakan tombol volume untuk memilih menu dan tombol power untuk klik atau OK menu yang anda pilih. Jika sudah silahkan ikuti petunjuk konfirmasi wipe data factory reset dan tunggu prosesnya hingga selesai.


Android akan kembali menyala dengan pengaturan default awal. Jika tombol anda bermasalah saat masuk mode recovery silahkan gunakan PC dengan metode adb. Masukkan perintah adb reboot recovery maka android akan reboot ke mode recovery atau twrp.


Itulah tips Cara Hard Reset Devices Android Dengan Mudah, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda