Review Samsung Galaxy S10 - Andro-ID

Rabu, 21 Agustus 2019

Review Samsung Galaxy S10

Review Samsung Galaxy S10

ANDRO-ID : Pada awal tahun 2019 ini tepatnya di bulan Februari Samsung telah resmi merilis gadget terbaru mereka seri Galaxy S10 di pasaran. ada 3 seri yang di rilis bersamaan yaitu Samsung Galaxy S10e, Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy S10 Plus. Disini kami akan mengulas lebih dalam tentang seri Samsung Galaxy S10 secara global.


Lalu apakah Samsung Galaxy S10 mampu menjadi pilihan terbaik dalam jajaran smartphone android papan atas ? Mari kita review beberapa hal mengenai gadget ini.


Desain


Secara umum desain Samsung Galaxy S10 tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S10 plus. Dibandingkan seri sebelumnya body nya sedikit lebih tipis dan ukuran layar sedikit lebih lebar. namun anda tidak perlu khawatir karena gadget ini tetap nyaman saat di genggam.



Mengusung konsep dinamis dan elegant dengan bahan material kaca yang ternyata juga tidak licin saat di pegang. Ini membuat kita tidak perlu khawatir tergelincir dari tangan anda saat digunakan. Namun apapun itu ada baiknya anda selalu berhati - hati karena material kaca bukan berarti tidak mungkin pecah saat jatuh.


Dalam jenis pemilihan warna, Samsung masih menyematkan warna gradasi dengan sangat mewah dan menarik. Ini menjadi trend warna yang bisa dibilang sangat di gandrungi pecinta smartphone di era saat ini.


Namun dari sisi tampilan warna ini Samsung Galaxy S10 masih kurang hidup dibanding pesaing utamanya yaitu Huawei P30. Sementara di bagian belakang disematkan tiga kamera belakang. Dan fingerprint berada dilayar bagian atas.



Untuk display Samsung Galaxy S10 memiliki ukuran layar 6.1 inci dengan resolusi Quad HD+ (3040 x 1440). Sementara Samsung Galaxy S10 Plus sedikit lebih lebar dengan ukuran 6,4 inci. Dan bagian panelnya masih setia menggunakan Amoled.


Software dan Antarmuka


Untuk bagian software Samsung Galaxy S10 masih setia dengan OneUI-nya. Versi ini sangat modern di masa kini namun tetap terlihat sederhana dibandingkan Touchwiz yang biasa dipakai kebanyakan seri smartphone flasghip generasi terdahulu.


Dalam segi keamanan Samsung Galaxy S10 masih mendukung on-display fingerprint dan face unlock memanfaatkan fitur kamera depannya. Dan kecepatan dalam deteksi masih bisa dibilang kurang responsive dalam memindai.


Namun dalam fitur face unlock kamera depan memiliki kemampuan yang relatif bekerja dengan baik meskipun pada ruangan minim cahaya. Sehingga bisa menjadi alternatif jika scan sidik jari anda kurang responsive.


Fitur terbaik lainnya adalah bahwa Samsung Galaxy S10 memiliki kelebihan anti debu dan tahan air. Ini karena desain body yang dibuat rapat dengan mengutamakan keamanan.



Anda juga bisa memanfaatkan fitur wireless charging sehingga memungkinkan melakukan charging dengan mode nirkabel.


Kualitas Foto dan Video


Samsung Galaxy S10 dibekali dengan kamera belakang telefoto 12MP dengan OIS dan aperture f2/4. Dilengkapi dengan kamera lensa wide 12MP dengan OIS dan aperture f/1.5 dengan sudut pandang hingga 77 derajat.



Sementara untuk kamera ultrawide 16MP dengan aperture f/2.2 sudut pandang hingga 123 derajat. Dari segi kemampuan rekam video Samsung Galaxy S10 mempunyai konfigurasi maksimal 4K HDR10+dengan fitur IES yang disebut Super Steady. Ini diyakini bisa membuat video sangat setabil dan sangat minim terjadi getaran saat merekam.


Untuk kamera depannya Samsung Galaxy S10 menggunakan kamera depan 10MP dengan aperture f/1.9 yang memiliki teknologi Dual Pixel. Spesifikasi kamera depan ini serupa dengan Samsung Galaxy S10e, dan salah satu kamera depan di Samsung Galaxy S10 Plus.


Hasil foto kamera depannya memiliki hasil natural tanpa efek beauty berlebihan. Jadi buat anda yang suka foto mode natural ini adalah pilihan terbaik untuk anda.


Performa


Samsung Galaxy S10 ditenagai oleh SoC Exynos 9820 dengan RAM 8GB dan internal memory 128GB. Ini memiliki kinerja lebih baik dibandingkan Quallcom Snapdragon. Dan internal memory 128GB masih bisa dibilang sangat mumpuni untuk menyimpan file foto, video maupun file penting lainnya yang anda miliki.


Konsumsi baterai bisa dibilang standart dan cukup hemat. Namun beberapa pengguna sedikit mengeluhkan kondisi body sedikit hangat saat digunakan untuk bermain game dalam waktu lama. Atau mungkin ini juga bisa digolongkan ke stabilan sinyal di daerah pengguna yang kurang bagus saat bermain game online.


Demikian review kami tentang Samsung Galaxy S10. Semoga bisa memberikan informasi yang anda butuhkan dan menjadi sumber referensi terbaik.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda