Android 10 (Q) Prioritaskan Keamanan Privasi Pengguna - Andro-ID

Selasa, 03 September 2019

Android 10 (Q) Prioritaskan Keamanan Privasi Pengguna

Android 10 (Q) Prioritaskan Kemanan Privasi Pengguna

ANDRO-ID : Keamanan privasi pengguna layanan Google menjadi salah satu prioritas yang akan di usung pada konsep Android 10 atau lebih dikenal dengan android Q. Ini dibuktikan dengan versi beta yang sedang diuji dimana Google akan lebih memperketat akses dan izin aplikasi terhadap kemanan data penggunanya. Berita tersebut menjadi kabar baik bagi para penikmat smartphone android di seantero jagat ini.


sistem operasi Android 10 sendiri akan mengirim alamat MAC secara acak. Artinya pengidentifikasi perangkat keras maupun jaringan ponsel akan memerlukan izin khusus untuk mengakses International Mobile Equipment Identity atau IMEI dan nomor seri ponsel yang keduanya merupakan barisan kode unik dan acak.


Bukan hanya itu Google juga akan melindungi bagaimana sebuah aplikasi akan berinteraksi dengan kontak kita. Jadi meskipun pengguna memberikan akses ke kontak maka Android 10 tidak akan memberikan informasi yang bersifat afinitas. Dalam hal ini adalah data kontak yang paling sering berinteraksi dengan pengguna.


Dalam akses lokasi Google akan mengejar ketertinggalannya dengan IOS. Dimana ketika aplikasi akan meminta akses lokasi maka kemungkinan akan ada notifikasi apakah anda akan memberikan akses lokasi secara permanen atau hanya sesaat. Dalam IOS hal ini sudah diberlakukan lebih dulu.


Pada izin aplikasi, Google juga akan lebih memperketat privasi pengguna. Salah satu targetnya adalah aplikasi - aplikasi yang mengakses informasi lokasi pengguna melalui jalur lain seperti WIFI atau folder bekas instalasi aplikasi. Nantinya Android 10 akan memberi akses khusus untuk aplikasi yang meminta izin akses lokasi dengan berbagai cara seperti WIFI, Bluetooth dan telepon.


Dan untuk fitur baru Android 10 akan memberikan penyimpanan scoped. Ini akan membatasi akses sebuah aplikasi dalam mengakses directory penyimpanan eksternal dan hanya akan memberi izin pada file jenis media saja.


Peningkatan selanjutnya adalah Android 10 akan memberi batasan kapan aplikasi akan dimulai dan berjalan di latas belakang. Dan Google mengklaim bahwa Android 10 mampu menghentikan aplikasi yang mengakses layar secara diam - diam.


Google juga menyatakan bahwa pada versi baru OS Android 10 akan meningkatkan dukungan yang lebih baik untuk otentikasi biometrik yang mencakup 2 mode yaitu eksplisit dan implisit.


Lebih lanjut Google akan selalu meningkatkan perbaikan dalam setiap updatenya. Ini sudah dilakukan setiap kali Google merilis sistem operasi baru dimana akan menganalisis bug dan kekurangan untuk kemudian diperbarui. Dan hal ini sukses memperbaiki bug media dan bluetooth pada versi sebelumnya.


Sekian artikel kali ini tentang Android 10 (Q) Prioritaskan Keamanan Privasi Pengguna. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda