Mengatasi Google Chrome Android Error Connection Timeout - Andro-ID

Kamis, 26 September 2019

Mengatasi Google Chrome Android Error Connection Timeout

Mengatasi Google Chrome Android Error Connection Timeout

ANDRO-ID : Google Chrome adalah salah satu aplikasi browser terbaik yang memiliki versi multiplatform. Bisa dijalankan di PC maupun smartphone, salah satunya android. Browser ini juga memiliki fitur yang up to date dalam hal kebutuhan teknologi terkini. Sayangnya seringkali Google Chrome mengalami beberapa kendala saat digunakan di android.


Error yang terjadi pada Google Chrome android ada beberapa macam. Salah satunya tidak bisa digunakan untuk browsing pada situs tertentu dengan keterangan connection timeout. Banyak pengguna heran karena jaringan mobile juga memiliki sinyal yang cukup bagus dan stabil namun terasa lambat saat memuat sebuah situs melalui Google Chrome.


Dan masalah yang lain adalah tidak bisa untuk melakukan download file. Hanya berhenti tanpa bisa melanjutkan download seperti tidak ada koneksi internet. Sehingga notifikasi download di status bar android selalu muncul seolah - olah Google Chrome sedang menunggu android terkoneksi ke jaringan internet.


Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya ada beberapa hal yang bisa anda coba seperti dibawah ini :

  • Bersihkan cache dan history browser melalui menu setelan
  • Bersihkan data aplikasi Google Chrome
  • Uninstal dan instal ulang Google Chrome
  • Update Google Chrome ke versi terbaru melalui Playstore

Tetapi jika sudah melakukan 4 hal diatas dan Google Chrome masih tidak bisa digunakan silahkan ikuti tips dibawah ini.


Jalankan aplikasi Google Chrome lalu buka menu setelan. Kemudian pilih menu Mode Ringan dan nonaktifkan fitur ini.


Jika sudah paksa berhenti aplikasi Google Chrome dan buka ulang. Silahkan coba untuk membuka situs atau lakukan aktifitas download file yang sebelumnya tidak bisa atau selalu gagal.


Kasus seperti ini relatif sederhana karena saat pertama digunakan Google Chrome akan menawarkan fitur hemat data dengan mengaktifkan mode ringan. Fitur tersebut digunakan untuk menghemat konsumsi data internet sehingga Google Chrome akan membatasi kinerjanya dan memuat halaman lebih cepat dengan cara memblokir javascript berukuran besar yang berpotensi memperlambat pemuatan sebuah halaman situs.


Namun dari penggunaan mode ringan ini akan berdampak pada sangat lambatnya Google Chrome saat memuat situs tertentu yang memiliki script ekstra dan tergolong membutuhkan banyak data dan koneksi yang stabil pada saat mengaksesnya. Sehingga akan memunculkan pemberitahuan connection timeout karena terlalu lamanya Google Chrome memuat halaman situs tersebut.


Demikian tips kali ini tentang Mengatasi Google Chrome Android Error Connection Timeout. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda