Kenali Tanda Aplikasi Android Berbahaya Sebelum Instal - Andro-ID

Minggu, 06 Oktober 2019

Kenali Tanda Aplikasi Android Berbahaya Sebelum Instal

Aplikasi Android Berbahaya

ANDRO-ID : Seperti yang kita ketahui bahwa sistem operasi android bersifat open sources dimana banyak pengembang yang dapat membuat aplikasi. Tidak semua aplikasi yang tersebar luas di internet memiliki tingkat keamanan pengguna dan ramah akan hal privasi. Kali ini saya akan berbagi tips mengenal tanda - tanda aplikasi berbahaya sebelum anda putuskan untuk menginstalnya.


Tanda dari aplikasi berbahaya semakin hari semakin sulit di deteksi. Itulah kenapa pentingnya memasang sebuah aplikasi anti virus pada android yang mampu mendeteksi secara up to date karena file anti virus biasanya akan memberikan update database secara rutin setiap kali ditemukan virus terbaru.


Namun disini anda bisa mengenali jika suatu aplikasi berbahaya atau tidak dengan beberapa tanda yang akan kami rangkum dibawah ini. Berikut ciri - ciri jika aplikasi android berbahaya.


1. Aplikasi Berasal Dari Sumber Tidak Dikenal
Yang saya maksud disini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh developer aplikasi android yang tersebar di dunia maya. Anda harus lebih teliti untuk mendapatkan sebuah aplikasi sebelum anda instal. Meskipun tidak semua aplikasi yang berasal dari sumber selain Playstore itu berbahaya.


Tanda jika aplikasi tersebut berbahaya adalah terjadinya lag dan penggunaan data berlebihan. Ini bisa dikategorikan sebagai bloatware yang dapat merusak smartphone android. Sebagai pencegahan gunakan fitur Play Protect dari Playstore.


2. Ijin Aplikasi Mencurigakan
Melanjutkan poin nomor satu diatas, jika suatu aplikasi meminta ijin yang mencurigakan segeralah copot atau batalkan pemasangannya. Ijin yang dimaksud disini antara lain memindai kontak, memasukkan akun penting seperti Google, Facebook dan sebagainya. Meminta akses ke aplikasi SMS, Email dan akun perbankan atau banking.


Anda harus jeli dalam memberi ijin pada sebuah aplikasi. Tanda yang nyata adalah jika aplikasi meminta anda login dengan akun Google dengan menggunakan sistem webview atau browser bawaan dari aplikasi tersebut yang belum teruji tingkat keamanan dan validitas enkripsi data penggunanya.


3. Tidak Ditemukan Ikon Aplikasi
Sebuah aplikasi biasanya memiliki ikon yang menjadi simbolik untuk mewakili nilai branding. Jika anda menemui aplikasi tidak ber-ikon atau memiliki ikon transparan pada saat akan menginstal lebih baik batalkan.


Menurut survey aplikasi jenis ini sangat berbahaya jika terinstal pada sebuah smartphone android karena dapat mencuri data pengguna. Secara kasat mata aplikasi ini tidak akan terlihat jelas, dan jika terlanjur menginstalnya anda hanya bisa menghapusnya melalui setelan aplikasi atau dengan bantuan aplikasi Link2SD.


4. Ikon Aplikasi Menyerupai Aplikasi Setting
Ada aplikasi yang masuk kategori bloatware akan menyamar sebagai aplikasi setting atau menu pengaturan default dari android. Ikon ini biasanya memiliki bentuk sebuah gear.


Dan untuk mengetahui mana aplikasi setting yang asli anda bisa meggunakan bantuan aplikasi Link2SD dan lihat pada package name dari aplikasi setting tersebut. Aplikasi setting yang asli memiliki nama com.android.settings secara umum. Jadi jika ditemukan aplikasi setting yang lain silahkan hapus untuk keamanan data anda.


5. Aplikasi Tidak Dapat Dihapus
Aneh jika anda mendapatkan aplikasi dari sumber tidak dikenal dan setelah diinstal justru tidak dapat dihapus. Ini dikarenakan aplikasi tersebut terinstal ke system android. Dan hanya pengguna root yang mampu menghapus aplikasi tersebut.


Jika anda menemui kasus semacam ini silahkan gunakan cara uninstal aplikasi system tanpa root. Cara tersebut relatif mudah dan aman jika anda ingin menghapus aplikasi berbahaya yang terinstal di system android tanpa akses root.


6. Aplikasi yang Menginstal Berbagai Aplikasi Tambahan Tanpa Ijin
Dan aplikasi yang berbahaya lainnya adalah aplikasi yang setelah anda instal dan buka ternyata justru melakukan download dan instal berbagai aplikasi tambahan lainnya yang tidak anda butuhkan. Bahkan download dan instalnya pun terjadi otomatis setiap kali android terhubung ke jaringan internet.


Biasanya jenis virus yang dibawa aplikasi semacam ini adalah virus iklan dan auto instal. Untuk menghapus aplikasi semacam ini lebih baik matikan dulu koneksi internet dan bersihkan dengan antivirus seperti malwarebytes atau semacamnya.


Sekian artikel kali ini dan jangan lupa Kenali Tanda Aplikasi Android Berbahaya Sebelum Instal. Ini akan lebih baik daripada android anda terlanjur menginstalnya. Karena semakin majunya teknologi tidak menutup kemungkinan aplikasi berbahaya akan semakin banyak dan pintar dalam mengambil data penggunanya. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda