Google Maps Kembangkan Fitur Untuk Tunanetra - Andro-ID

Sabtu, 12 Oktober 2019

Google Maps Kembangkan Fitur Untuk Tunanetra

Google Maps Untuk Tunanetra

ANDRO-ID : Akhir - akhir ini Google resmi merilis fitur terbaru yang sangat bermanfaat bagi penderita gangguan kesehatan penglihatan atau disebut tunanetra. Fitur ini akan memandu penderita tunanetra secara lebih rinci dalam perjalanan dengan suara panduan khas dari Google Maps.


Suara yang digunakan akan memandu perjalanan pengguna tunanetra dengan sangat detail. Mulai dari jarak yang akan ditempuh, peringatan ketika akan menyeberang jalan, mempertahankan rute perjalanan yang benar dan informasi tentang belokan yang akan dilalui.


Ketika pengguna berada di rute yang salah maka Google Maps akan segera memberi peringatan untuk segera kembali ke rute yang benar. Untuk fitur ini juga tersedia di versi Google Maps sebelumnya.


Dan untuk pengguna tunanetra yang ingin memanfaatkan fitur ini bisa mengaktifkannya dengan cara masuk ke aplikasi Google Maps. Kemudian pilih menu Navigasi lalu pilih daftar dan pilih Panduan Suara Terperinci yang ada dibawah menu Opsi Jalan.


Pengembangan fitur ini juga bukan tanpa sebab. Secara tidak langsung Google ingin mendukung WHO sebagai Organisasi Kesehatan Dunia. Karena menurut data WHO saat ini ada sekitar 2.2 Miliar penduduk bumi menderita gangguan penglihatan dan kebutaan.


Google ingin berperan aktif dalam kemajuan teknologi dimana agar pengguna smartphone yang menderita gangguan penglihatan juga dapat menikmati fitur Google Maps yang sangat penting dalam memandu perjalanan dan kualitas hidup mereka.


Menurut Wakana Sugiyama selaku Bussines Analyst in Google's Tokyo Office bahwa fitur baru di Google Maps ini dapat membantu orang yang buta atau memiliki gangguan penglihatan rendah untuk menjelajahi tempat - tempat baru dengan rasa aman dan nyaman. Pengguna juga akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan dan kepastian ketika sedang bepergian.


Selain bermanfaat bagi penderita tunanetra, fitur ini juga bisa digunakan pengguna normal. Terutama bagi mereka yang mengunjungi tempat baru. Dengan fitur suara terperinci anda bisa mendapatkan panduan perjalanan dan fokus untuk mengemudi. Jadi tidak perlu khawatir tersesat meskipun melakukan perjalanan sendiri.


Fitur ini sudah ada pada aplikasi Google Maps terbaru, tapi secara bahasa masih menggunakan bahasa Inggris dan Jepang. Namun Google menginformasikan bahwa mereka sedang mengembangkan fitur ini agar segera support berbagai macam bahasa dan dapat dinikmati pengguna di seluruh dunia.


Sekian artikel kali ini tentang Google Maps Kembangkan Fitur Untuk Tunanetra. Jika anda ingin menggunakan fitur ini jangan lupa selalu update aplikasi Google Maps di Playstore. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda