Beberapa Perbedaan Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro - Andro-ID

Sabtu, 19 Oktober 2019

Beberapa Perbedaan Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro

Perbedaan Redmi Note 8 dan 8 Pro

ANDRO-ID : Xiaomi baru saja merilis ponsel android mereka yaitu Redmi Note 8 Pro. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan versi pro dari seri Xiaomi akan memiliki kelebihan dibanding versi biasa. Ini sudah terjadi pada seri - seri sebelumnya. Lalu apa perbedaan mendasar dari Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro inni ?


Kami akan mengulas beberapa hal mendasar dari perbedaan kedua varian ini. Dan sedikit info bahwa Redmi Note 8 Pro sudah dirilis dipasar Indonesia dengan berbagai fitur menarik serta harga yang dirasa cukup terjangkau jika melihat fitur dan teknologi yang diusung smartphone ini.


Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro.


1. Tampilan


Secara kasat mata tampilan dari Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro hampir tidak ada perbedaan. Karena keduanya memiliki ukuran layar yang hampir sama yaitu 6.3 inci pada Redmi Note 8 dan 6.53 inci pada Redmi Note 8 Pro. Model mini poni pada bagian kamera depannya memiliki desain yang sama.


Namun jika kita melihat dari belakang body kedua varian tersebut akan sangat terlihat perbedaanya. Pada seri Redmi Note 8 terdapat 4 buah kamera yang berada di pinggir sisi kiri bagian panel body. Sedangkan Redmi Note 8 Pro letak 4 buah kameranya ada di bagian tengah panel body.

Sedangkan dari segi proteksi layar keduanya memiliki perlindungan corning gorilla glass class 5, baik di bagian depan dan body belakang. Teknologi ini diklaim akan membuat Xiaomi redmi Note 8 menjadi lebih kuat dan tahan banting untuk pemakaian dalam waktu yang lama.

Dari segi warna Xiaomi Redmi Note 8 mempunyai varian warna Neptune Blue, Space Black, dan Moonlight White. Sedangkan Redmi Note 8 Pro memiliki varian warna Mineral Gray, Pearl White, dan Forest Green.

Dan untuk panel sisi body, Redmi Note 8 lebih ke bentuk kotak. Sedangkan Redmi Note 8 Pro memiliki bentuk melengkung.


2. Body


Dari segi body keduanya memiliki material yang bisa dikatakan sama. Inilah kelebihan Xiaomi bahwa mereka tidak serta merta menurunkan spek secara signifikan pada kedua varian dalam satu seri yang sama.

Untuk segmen berat Xiaomi Redmi Note 8 lebih unggul karena hanya memiliki berat sebesar 190 gram. Sedangkan Redmi Note 8 Pro memiliki berat 200 gram. Namun ini tidak terlalu signifikan karena hanya selisih tidak lebih dari 10 gram.


3. Platform


Kedua seri ini menjalankan sistem operasi android versi 9.0 atau Pie. Namun dari segi Chipset mereka berbeda. Redmi Note 8 Pro mengadopsi chipset terbaru Mediatek G90T berukuran 12nm dan dilengkapi GPU Mali-G76 MC4. Chipset terbaru dari mediatek tersebut digadang - gadang menjadi chipset terbaik karena hasil uji coba sangat ringan untuk bermain game dan juga mampu memberi efek halus pada frame video grafik-nya.

Sedangkan pada seri Redmi Note 8, Xiaomi mengadopsi Quallcomm Snapdragon 665 berukuran 11nm dan GPU Adreno 610.


4. Memory


Meskipun sama - sama didukung slot memory eksternal microSD hingga 256GB tapi kedua varian Redmi Note 8 ini berbeda dalam sajian packagingnya. Dimana Xiaomi Redmi Note 8 Pro memiliki varian 64GB Internal/6GB RAM, 128GB Internal/6GB RAM dan 128GB Internal/8GB RAM. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 8 dipasarkan dalam varian 64GB Internal/4GB RAM, 64GB Internal/GB RAM dan 128GB internal/6GB RAM.


5. Kamera


Kedua varian Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro memiliki perbedaan kekuatan kamera belakang. Untuk Redmi Note 8 Pro dibekali 4 kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 64 Mega Pixels dan 3 kamera lainnya 8 MP ultrawide, 2 MP dedicated macro camera dan 2 MP depth sensor. Ini sukses menobatkan Xiaomi Redmi Note 8 Pro sebagai ponsel berkamera 64MP pertama di Dunia. Sedangkan Redmi Note 8 menyajikan 4 buah kamera belakang berukuran 48 Mega Pixels dan 3 kamera lainnya sama seperti Redmi Note 8 Pro.

Pada kamera depan Redmi Note 8 pro mengusung kamera berkekuatan 20MP sedangkan Redmi Note 8 hanya 13MP.


6. Baterai


Salah satu masalah smartphone saat ini adalah tenaga baterai, dimana kapasitas baterai mulai menjadi bidikan wajib setelah fitur spesifikasi lainnya. Redmi Note 8 Pro dibekali baterai berkapsitas 4500 mAh. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 8 memiliki baterai berkapasitas 4000 mAh. Keduanya memiliki teknologi yang sama yaitu Li-Po.


Dari beberapa varian yang dikeluarkan Xiaomi membuktikan eksistensi mereka di jagat teknologi smartphone hingga saat ini. Itulah alasan mengapa bahwa Xiaomi berhasil mempertahankan diri sebagai salah satu dari 5 besar vendor smartphone terlaris di dunia hingga saat ini.


Demikian informasi ini tentang Beberapa Perbedaan Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda