Cara Unlock Bootloader Samsung Galaxy A10 - Andro-ID

Minggu, 06 Oktober 2019

Cara Unlock Bootloader Samsung Galaxy A10


ANDRO-ID : Unlock bootloader diperlukan untuk memberi akses terbuka pada sebuah smartphone android. Hal ini dibutuhkan jika kita akan menginstal TWRP Recovery atau melakukan root. Kali ini saya akan menjelaskan cara unlock bootloader pada Samsung Galaxy A10.


Sebelum melakukan unlock bootloader pada Samsung Galaxy A10 pastikan anda sudah mengerti kekurangan dari melakukan unlock bootloader ini. Salah satunya adalah hangusnya garansi resmi device android setelah melakukan unlock bootloader. Jadi pertimbangkan lebih lanjut kebutuhan anda dalam melakukan unlock bootloader.


Dan berikut ini tahap Unlock Bootloader pada Samsung Galaxy A10.


1. Backup Data Anda ke Memory Lain


Tahap persiapan unlock bootloader Samsung Galaxy A10 silahkan backup file penting anda ke memory eksternal atau bisa juga anda copy ke PC atau laptop. Ini dikarenakan setelah proses Unlock bootloader device akan melakukan reset ke pengaturan awal atau setelan pabrikan. Sehingga ini akan berdampak pada hilangnya semua data yang ada pada Samsung galaxy A10 anda.


Langkah backup data ini wajib dilakukan agar file penting anda tidak terhapus. Dan nantinya anda bisa mengembalikan ke dalam device android jika proses Unlock bootloader selesai dilakukan.


2. Aktifkan OEM Unlocking


Untuk mengaktifkan OEM Unlocking silahkan masuk ke menu pengaturan kemudian aktifkan opsi pengembang dengan cara masuk ke menu tentang ponsel dan klik berkali - kali pada menu build number. Tunggu hingga ada notifikasi bahwa anda sudah menjadi pengembang.


Kemudian pada menu setelan cari opsi pengembang. Dan aktifkan OEM Unlocking, jika ada petunjuk atau notifikasi persetujuan silahkan pilih OK hingga OEM Unlocking Aktif.



3. Unlock Bootloader Samsung galaxy A10


Tahap selanjutnya adalah unlock bootloader Samsung Galaxy A10. Caranya matikan ponsel Galaxy A10 anda lalu masuk ke mode download dengan cara tekan tombol volume up + volume down bersamaan sambil hubungkan ke pc via usb.


Jika sudah tekan tombol volume up untuk unlock bootloader. Ikuti petunjuk selanjutnya dan tunggu prosesnya dan ini akan menghapus seluruh data pada ponsel anda.


Kemudian pada initial setup ikuti petunjuk hingga selesai dan Galaxy A10 berhasil masuk system. Langkah selanjutnya aktifkan OEM Unlocking kembali seperti langkah pada point 2 diatas. Pastikan tombol OEM Unlocking sudah benar - benar aktif.


Sampai disini proses Unlock Bootloader Samsung Galaxy A10 telah berhasil dilakukan dan anda sudah bisa melakukan instalasi twrp recovery atau modifikasi lain yang membutuhkan akses bootloader yang tidak terkunci.


Cara Unlock Bootloader ini juga bisa anda terapkan pada semua model Samsung galaxy A10 seperti SM-A105F, SM-A105G, SM-A105M dan SM-A105FN

Sekian artikel kali ini tentang Cara Unlock Bootloader Samsung Galaxy A10. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda