Inilah Alasan Google Wajibkan Android Gunakan USB Type-C PD - Andro-ID

Rabu, 09 Oktober 2019

Inilah Alasan Google Wajibkan Android Gunakan USB Type-C PD

Google Wajibkan USB Type-C PD

ANDRO-ID : Sepertinya Google mulai ketat dalam menentukan standarisasi charging power delivery. Ini dibuktikan pada beberapa waktu yang lalu Google membuat panduan untuk para pabrikan selaku produsen ponsel android.


Keputusan yang terlihat jelas adalah kewajiban menggunakan USB Type-C PD untuk mendukung fitur fast charging. Karena hampir semua devices android terbaru mengusung konsep dengan teknologi fast charging yang mampu mengisi daya dengan sangat cepat.


Sedikit penjelasan tentang USB Type-C PD adalah sebuah standart terbuka yang mengizinkan pengisian daya secara cepat melalui USB Type-C. Konsep dan teknologi tersebut sudah mendukung lebih dari 50% smartphone terbaru yang sudah ada dipasaran saat ini dan sangat mungkin bertambah seiring berjalannya waktu dan kebutuhan teknologi.


Namun hingga saat ini beberapa pabrikan masih leluasa memodifikasi sesuai keinginan mereka. Dan inilah salah satu hal yang dikhawatirkan jika produksi mereka keluar dari batas standart yang sudah disepakati dengan aturan Google.


Contoh Fast Charging yang sudah menerapkan USB Type-C ini antara lain seperti Warp Charge milik OnePlus, VOOC milik Oppo atau Fast Charge milik Samsung. Dan masih banyak lainnya yang dikeluarkan pabrikan ponsel android.


Belum lagi ditambah adanya standarisasi Quick Charge khusus untuk pabrikan Quallcomm. Ini diharapkan penggunaan USB Type-C juga diterapkan disana sebagai standart global.


Sebenarnya Google sudah menyinggung perihal standarisasi fast charge untuk USB Type-C ini jauh hari sebelumnya. Lebih tepatnya pada saat launching operating sistem Android 7 Nougat namun belum terealisasi hingga sekarang.


Harapan Google pengguna android saat ini sudah wajib menggunakan USB Type-C PD demi keamanan dan pendukung mutlak teknologi fast charging.


Dan bagi anda pengguna smartphone yang sudah memiliki kemampuan fitur fast charging untuk selalu menggunakan USB dan Adaptor original. Sebab piranti kelengkapan asli sudah melalui tahap ujicoba dan memenuhi standart keamanan yang berlaku sebelum dirilis. Jadi jangan gunakan charger yang tidak original.


Demikian informasi kali ini tentang Alasan Google Wajibkan Android Gunakan USB Type-C PD. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda