Ini Dia Spesifikasi Dasar Samsung Galaxy A71 Dengan Empat Buah Kamera - Andro-ID

Rabu, 15 Januari 2020

Ini Dia Spesifikasi Dasar Samsung Galaxy A71 Dengan Empat Buah Kamera

Spesifikasi Dasar Samsung Galaxy A71

ANDRO-ID : Sepertinya vendor smartphone android asal Korea Selatan ini sudah tancap gas di awal tahun 2020. Bagaimana tidak, setelah perilisan seri Galaxy A51 kini berhembus kabar bahwa Samsung juga akan merilis seri galaxy A71 di awal tahun ini. Lalu seperti apa spesifikasi dan fitur yang akan mereka usung dalam seri Galaxy A71 ini ?


Dari berbagai sumber terpercaya seperti situs Weibo dan GSMArena bahwa kemungkinan Galaxy A71 ini akan di rilis mulai tanggal 31 Januari 2020. Seri hasil evolusi Galaxy A70 ini dikabarkan akan menggunakan Android 10 dengan fitur menarik sebagai sistem operasi defaultnya.


Selain karena fiturnya yang menarik penggunaan OS Android 10 ini juga berdasarkan syarat dan ketentuan Google sebagai pemilik sistem operasi Android. Dimana Google memprioritaskan keamanan data dan privasi pengguna pada OS Android 10 tersebut.


Dan berikut ini spesifikasi dasar dari Samsung Galaxy A71 berdasarkan informasi yang kami himpun dari berbagai sumber.


1. Jaringan
Dari segi koneksi jaringan Galaxy A71 tidaklah banyak berubah. Sudah mendukung socket jaringan 4G membuat kecepatan koneksinya sudah tidak diragukan lagi.


2. Body
Memiliki berat berkisar 179 gram tentu tergolong ringan untuk ukuran sebuah smartphone. Dilengkapi proteksi Gorilla Glass 3 pada panel depannya dan mendukung penggunaan dual SIM card berukuran nano.


3. Layar
Galaxy A71 masih menggunakan layar andalan Samsung yaitu Super AMOLED yang mendukung 16 juta warna. Sementara layarnya berukuran 6.7 Inch dengan aspek rasio screen to body mencapai 87.2%. Layar akan terlihat lebih luas dengan rasio sebesar itu.


Sedangkan proteksi layar yang digunakan adalah Corning Gorilla Glass 3 sehingga membuat pengguna nyaman tanpa takut akan terjadi goresan atau benturan. Layar dari Galaxy A71 sendiri mendukung resolusi hingga 1080x2400 Pixels yang dapat memutar video ultra HD dengan kerapatan layar mencapai 393 pixels per inch.


4. Platform
Galaxy A71 ini menggunakan sistem operasi Android 10 dengan user interface buatan Samsung sendiri yaitu OneUI versi 2. Yang menarik bahwa galaxy A71 menggunakan chipset Quallcomm Snapdragon 730 dengan ukuran hanya 8 nano meter. Berbeda dengan Samsung Galaxy A51 yang menggunakan chipset Exynos 9611 berukuran 10 nano meter.


Efek dari semakin kecilnya ukuran sebuah chipset adalah konsumsi daya yang dibutuhkan juga akan semakin sedikit. Sehingga chipset ini tergolong ramah dalam penggunaan daya baterai.


Pada dapur pacunya, Galaxy A71 akan dibekali oleh delapan buah CPU yang terbagi dua buah CPU Kryo 470 Gold berkecepatan 2.2GHz dan enam buah CPU Kryo 470 Silver dengan kecepatan 1.8GHz.


Semua CPU tersebut akan terintegrasi dengan GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 618 untuk menampilkan grafik berkualitas tinggi dan smooth.


5. Memory
Untuk kapasitas memory dari Galaxy A71 ini adalah 128GB. Namun akan ada dua varian RAM, yaitu RAM berukuran 6GB dan 8GB. Jika memory internal dirasa kurang maka anda bisa menambahkan microSD hingga 1TB pada slot yang sudah disediakan.


6. Kamera
Samsung Galaxy A71 ini akan disematkan empat buah kamera belakang dengan pembagian 64MP kamera utama, 12MP Ultrawide, 5MP macro camera dan 5MP depth sensor. Fitur dari kamera utama ini mendukung HDR dan panorama untuk kegiatan fotografi penggunanya. Meskipun seri Galaxy A70s sebagai seri pendahulunya juga menggunakan kamera utama 64MP namun secara jumlah Galaxy A71 lebih banyak yaitu empat buah kamera.


Dalam perekaman video kamera belakangnya mampu menyimpan video ultra HD dengan resolusi hingga 2160 pixels dan kecepatan tangkapnya 30 frame per detik.


Untuk kamera selfie atau kamera depan Samsung menyematkan satu buah kamera berukuran 32MP pada Galaxy A71. Fitur HDR dan perekaman video hingga resolusi 1080 Pixels akan melengkapi kemampuan kamera selfienya.


7. Fitur
Untuk fitur keamanan kunci layarnya, Samsung Galaxy A71 ini akan menggunakan fingerprint onscreen pada layar bagian bawah secara optical. Seri ini juga sudah dilengkapi fitur NFC untuk transaksi virtual.


Galaxy A71 menggunakan 2.0 USB Type-C dan mendukung fitu OTG (On The Go) dimana pengguna dapat menyambungkan flashdisk melalui konektor.


8. Baterai
Dari segi daya, Samsung Galaxy A71 akan menggunakan baterai berukuran 4500 mAh dengan teknologi Li-Po (Lithium Ion Polymer). Serta mendukung fitur fast charging hingga 25 watt yang membuat proses pengisian daya jauh lebih cepat.


Buat anda penggemar devices Samsung khususnya seri Galaxy A maka Samsung Galaxy A71 ini bisa menjadi rekomendasi. Kemungkinan rilis 31 Januari 2020, namun biasanya untuk Negara Indonesia akan sedikit lebih lambat dari jadwal rilis global.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda