Mengatasi Aplikasi WhatsApp Pending di Android 9 (Pie) - Andro-ID

Selasa, 07 Januari 2020

Mengatasi Aplikasi WhatsApp Pending di Android 9 (Pie)

Mengatasi Aplikasi WhatsApp Pending di Android 9 (Pie)

ANDRO-ID : Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana mengatasi aplikasi WhatsApp yang pending khususnya di sistem operasi android versi 9 atau lebih dikenal android Pie. Sebenarnya fitur yang ada di android Pie sendiri lebih menjaga tingkat kestabilan OS sehingga banyak pengaturan yang diubah menjadi manual atau lebih ke pengaturan sesuai keinginan pengguna.


Hal ini dikarenakan android semakin gencar meningkatkan privacy penggunanya menuju android 10 (Q). Salah satunya tentang data dan pengaturan aplikasi yang dianggap akan menguras daya baterai dan penggunaan CPU berlebihan.


Inilah yang akhirnya berdampak pada aplikasi online yang membutuhkan akses latar belakang untuk tetap berjalan sempurna, salah satunya adalah aplikasi WhatsApp.


Dan berikut ini beberapa cara mengatur agar aplikasi WhatsApp dapat berjalan maksimal tanpa pending di android Pie.


1. Kunci Aplikasi WhatsApp dari Kill Background Service


Anda dapat mengunci aplikasi WhatsApp dari penutupan paksa atau lebih dikenal dengan kill background service yang biasa dilakukan pengguna android untuk menutup aplikasi setelah digunakan.


Dan beberapa versi android sudah mulai menerapkan fitur ini secara otomatis ketika layar ponsel di kunci. Sehingga android akan menganggap bahwa aplikasi yang anda tinggalkan dalam layar terkunci adalah tidak digunakan lagi dan secara otomatis sistem akan menutup semua aplikasi tersebut dari proses latar belakang.


Untuk mengaktifkan kunci aplikasi WhatsApp agar terhindar dari kill background service caranya silahkan buka task manager aplikasi (history aplikasi). Biasanya menu ini tersedia di tombol fisik atau virtual bagian paling kiri.


Kemudian anda akan melihat history aplikasi yang telah anda buka sebelumnya. Karena disini kita sedang membahas WhatsApp maka silahkan cari aplikasi WhatsApp kemudian klik ikon WhatsApp di atas kemudian pilih kunci aplikasi ini. Lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.



Jika sudah maka akan ada perbedaan dari tampilan sebelumnya di menu task aplikasi, dimana aplikasi WhatsApp akan ditandai sebuah gembok yang artinya aplikasi ini tidak akan tertutup atau ter-kill saat ponsel anda kunci atau saat anda membersihkan history dari aplikasi yang terbuka sebelumnya.



2. Aktifkan Penggunaan Background Data Tanpa Batas


Yang kedua kita harus mengecualikan aplikasi WhatsApp dari batas penggunaan data. Data yang saya maksud disini adalah kebutuhan data internet di latar belakang atau background service. Dimana kita akan mengatur agar aplikasi WhatsApp tetap dapat menggunakan data meskipun smartphone dalam keadaan terkunci atau off.


Caranya seperti poin nomor satu diatas. Klik ikon aplikasi WhatsApp pada task manager aplikasi lalu pilih info aplikasi.



Kemudian anda akan melihat beberapa informasi dari aplikasi WhatsApp tersebut. Silahkan pilih menu Data Seluler.



Kemudian aktifkan pada pilihan izinkan penggunaan data latar belakang dan Izinkan aplikasi saat penghemat data aktif.



Untuk penjelasan izinkan aplikasi saat penghemat data aktif adalah aplikasi WhatsApp tetap berjalan sebagaimana mestinya meskipun anda sedang menggunakan mode hemat daya. Artinya aplikasi WhatsApp dikecualikan dari fitur penghematan daya.


3. Kecualikan WhatsApp dari Pengoptimalan Baterai


Fitur efisiensi baterai kerap kali mengharuskan aplikasi tidak bisa berjalan maksimal selama layar off atau smartphone terkunci. Ini akan membuat aplikasi tertutup paksa saat anda mengaktifkan fitur optimalisasi baterai.


Untuk mengatasinya anda harus mengecualikan aplikasi WhatsApp dari fitur ini. Caranya pada info aplikasi silahkan pilih menu baterai.



Kemudian pada bagian optimalkan penggunaan baterai silahkan pilih tidak dioptimalkan.



Cara diatas relatif mudah dan efektif mengatasi aplikasi WhastApp yang sering pending untuk pengguna android versi 9 (Pie). Untuk pengguna android versi sebelumnya anda juga bisa menerapkan cara seperti ini. kemungkinan hanya tampilan menu user interface-nya saja yang berbeda.


Cara ini juga bisa anda terapkan untuk aplikasi lainnya seperti facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya yang anda inginkan agar tidak pending atau tertutup paksa saat layar terkunci.

Sekian artikel kali ini tentang Mengatasi Aplikasi WhatsApp Pending di Android 9 (Pie). Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda