Kupas Chipset Exynos 990 Samsung Galaxy S20 Ultra - Andro-ID

Selasa, 05 Mei 2020

Kupas Chipset Exynos 990 Samsung Galaxy S20 Ultra

ANDRO-ID : Generasi ketiga dari seri Galaxy S20 series milik Samsung tampil berbeda. Chipset yang ditanamkan yaitu Exynos 990, termasuk pada seri Galaxy S20 Ultra.


exynos 990 samsung galaxy s20 ultra

Banyak yang mempertanyakan tentang performa dari chipset Exynos 990 yang disematkan pada ponsel premium Samsung tersebut. Mari kita mengulas lebih dalam apa saja keunggulan dari chipset Exynos 990 pada Samsung Galaxy S20 Ultra ini.


Pada dasarnya prosesor Exynos 990 ini dihadirkan karena kemampuannya dalam kustomisasi CPU generasi ke-5. Lebih lanjut bahwa chipset exynos 990 sudah mendukung daya komputasi yang diperlukan dalam penggunaan kompleks di era 5G mendatang. Salah satu kemampuannya dijuluki CPU tri cluster yang memberikan peningkatan kinerja hingga 20% dibanding pendahulunya.


Semuanya dikombinasikan dengan dual-core Cortex-A76 dan quad-core Cortex-A55. Dalam hasil testnya sendiri prosesor Exynos 990 memberikan kinerja yang jauh lebih optimal dan memiliki efisiensi daya yang lebih baik pada sektor seluler tanpa batas yang bertahan lama.


Exynos 990 juga mendukung kecepatan baca dan transfer data memori LPDDR5 hingga 5.500 Megabit per detik (Mb/s). Bandwidth memori yang lebih luas daripada pendahulunya sebelumnya yaitu LPDDR4x.


Hal ini memungkinkan smartphone lebih efisien saat mentransfer data yang besar pada komunikasi jaringan 5G, aplikasi AI, game HD grafis tinggi, video resolusi Ultra HD, dan banyak lagi.


Dalam kasus ujicoba tersebut sekurang - kurangnya ada 6 sektor yang telah membuktikan kinerja dari Exynos 990. Berikut ini penjelasannya.



Kecepatan Proses AI


NPU yaitu bagian dari prosesor yang berperan penuh terhadap pemrosesan AI pada smartphone. Jika NPU mendukung, maka bisa dipastikan pemrosesan AI bisa berlangsung dengan efisien dan lebih cepat. Dan jika NPU tidak mendukung maka hal terburuk sebaliknya akan terjadi.


Exynos 990 dari Samsung sendiri menawarkan NPU Dual-core dan prosesor sinyal digital. Semua sudah disempurnakan DSP oleh pendahulunya. Hal inilah yang berhubungan dengan penjelasan kombinasi diatas tadi sangat memungkinkan prosesor Exynos 990 Galaxy S20 ultra ini dapat melakukan kurang lebih 15 trilion operations per second atau biasa disebut TOPs. Dampaknya, smartphone mampu memproses AI maupun instruksi AI menjadi lebih cepat.


Kemampuan Kamera


Dua hal berhubungan yaitu ketika kinerja AI cepat maka akan berpengaruh terhadap kecerdasan dari kamera S20. Efeknya adalah Galaxy S20 mampu mengenali objek foto dengan sangat cepat. Selain itu Exynos 990 juga menawarkan akurasi dan kecepatan memotret yang ditingkatkan berkat NPU dan ISP yang semakin tinggi.


Cara kerjanya adalah sebelum memotret NPU akan mendeteksi adegan atau objek foto. Kemudian ISP secara otomatis menyesuaikan pengaturan pada ketajaman dan pencahayaan agar mendapatkan hasil foto yang maksimal.


Exynos 990 sendiri mendukung hingga enam sensor individu. Terjadi peningkatan dibandingkan pendahulunya yang hanya mampu mendukung lima sensor individu. Secara default, pemrosesan tiga sensor secara bersamaan pada pengaturan multi-kamera. Hal tersebut memungkinkan prosesor untuk memberikan pengalaman kualitas kamera yang pro-grade. Dilengkapi dengan pemetaan yang jauh lebih baik untuk warna dan kontras alami. Lebih sedikit noise serta detail yang lebih baik dalam ruangan minim cahaya. Resolusi hasil foto sangat tinggi, ini sebanding dengan kualitasnya.


Keistimewaan Galaxy S20 Ultra antara lain memiliki dukungan hingga 100 juta piksel sehingga pengguna dapat mengambil foto pada tingkat detail yang belum pernah ada pada perangkat seluler lain.


Kecepatan Gaming Grafik Tinggi


Sebenarnya Galaxy S20 ultra tidak menargetkan segmen gaming. Tetapi kemampuan chipset Exynos 990 dirasa sangat mumpuni untuk menjalankan game dengan grafik tinggi. Hal ini dikarenakan dukungan GPU Arm Mali ™ -G77 MP11. GPU jenis ini dapat melakukan pemrosesan grafis 3D terbaik sehingga pengalaman gaming semakin realistis dan menakjubkan.


Exynos 990 memiliki tingkat efisiensi daya hingga 20 persen berkat arsitektur GPU yang baru. Pengalaman gaming semakin menjanjikan dengan kombinasi CPU dan LPDDR5 yang sangat kuat dan efektif sehingga akan memberikan pengalaman bermain game yang mulus tanpa lag.


Dukungan Konektivitas 5G


Sampai saat ini Samsung belum menanam modem 5G pada seri Galaxy S20 Ultra di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia belum mendukung konektivitas 5G. Tapi secara fungsi sebenarnya chipset Exynos 990 sudah mampu mendukung teknologi 5G generasi Exynos Modem 5123. Kecepatan pengunduhan yang super cepat dilengkapi dengan teknologi hemat daya akan memberikan dampak pada masa pakai baterai yang lebih hemat dalam jaringan 5G.


Sistem Keamanan Tinggi


Untuk garansi keamanan informasi dan data pengguna Samsung memastikan semua tetap terlindungi. Exynos 990 dengan arsitektur baru dan teknologi yang canggih akan meningkatkan keamanan. Salah satu teknologinya adalah perlindungan memori, ini seperti mesin enkripsi DRAM yang terus ditingkatkan.


Chipset tersebut juga dibekali Physically Unclonable Function (PUF) yang dapat menghasilkan kunci unik dan acak berdasarkan sifat fisik masing-masing chip, lapisan elemen aman (iSE) yang ada bertanggungjawab untuk menyimpan dan menangani data pribadi secara terpisah dari lingkungan Operating System.


Multimedia Lebih Cerdas


Chipset Exynos mempunyai Advanced multi-format codec (MFC). MFC tersebut bekerja secara encoding serta decoding file video dari berbagai format . Hal ini memungkinkan pemutaran video berkualitas tinggi dan perekaman video yang sangat cerdas. Meskipun hasil dan kinerja maksimal prosesornya tetapi chipset besutan Samsung ini tetap mengonsumsi daya yang jauh lebih sedikit dari pendahulunya.


Seperti ulasan sebelumnya, bahwa NPU canggih pada chipset Exynos 990 ini juga memungkinkan pengguna menggunakan efek seperti bokeh pada kedalaman bidang seperti film.


Selain itu bahwa prosesor Exynos 990 juga mampu membuat pengguna menikmati pengalaman menonton video yang jauh lebih mulus dan mendalam seperti nyata. Ini berkat beberapa fitur yang susah didukung Galaxy S20 seperti video 10-bit dan kemampuan layar HDR, serta 4K UHD. Kecepatan refresh 60Hz dan QHD + pada 120Hz yang membuat animasi yang ditampilkan lebih halus dan terlihat memanjakan mata.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda