Clubhouse Android Sedang Digarap, Kapan Rilis? - Andro-ID

Minggu, 28 Maret 2021

Clubhouse Android Sedang Digarap, Kapan Rilis?

ANDRO-ID : Paul Davison selaku pendiri sekaligus CEO aplikasi Clubhouse menyatakan tengah berkerja dan akan merilis aplikasi percakapan audio tersebut dalam versi Android. Seperti kita ketahui bahwa aplikasi Clubhouse ini sementara hanya bisa dinikmati oleh pengguna iOS.


Clubhouse Android Sedang Digarap Kapan Rilis?

Kabar tersebut menjadi angin segar bagi pecinta Android. Pasalnya dalam waktu dekat atau lebih tepatnya musim panas tahun 2021 ini developer Clubhouse akan merampungkan projectnya dan merilis Clubhouse versi Android.


Estimasinya perilisan Clubhouse Android diperkirakan jatuh pada pertengahan tahun ini antara bulan Juni hingga September 2021.


Dilansir dari Bussines Insider bahwa Paul Davison mengatakan team-nya tengah berkerja sangat keras untuk bisa meluncurkan aplikasi Clubhouse versi Android. Tetapi tentu untuk mematangkan konsep akan membutuhkan waktu beberapa bulan.


Saat ini aplikasi percakapan audio tersebut hanya tersedia di iPhone. Dan pengguna hanya bisa bergabung jika memiliki undangan dari anggota Clubhouse lainnya.


Menurut Paul Davison, Clubhouse akan menargetkan pengguna Android dan menghapus fitur undangan. Sehingga aplikasi Clubhouse akan lebih terbuka untuk semua pengguna.


"Akan sangat penting bahwa kami terbuka untuk semua orang. Android akan menjadi sangat penting", kata Paul Davison dalam jumpa pers.


Keseriusan Clubhouse dalam pengembangan aplikasi berbasis Android terlihat dalam beberapa waktu lalu. Dimana mereka merekrut beberapa developer software aplikasi Android dalam projectnya menghadirkan aplikasi Clubhouse tersebut untuk Android.


"Hari ini adalah hari pertama saya di @joinClubhouse", tweet Mopewa Ogundipe. "Jika Anda mengenal saya, Anda mungkin tahu bahwa saya memiliki pendapat tentang aplikasi khusus iOS, jadi saya sangat senang bisa bergabung dengan tim untuk menghadirkan pesta di Android".


Mopewa Ogundipe dikenal sebagai "Pengembang Android sejak masa Gingerbread". Dia mencantumkan dalam biodata pada akun Twitter-nya. Profil LinkedIn-nya juga mencantumkan berbagai perannya dalam mengembangkan berbagai perangkat lunak berbasis Android sejak 2014 di Instagram, Khan Academy, dan Medium.


Clubhouse sendiri pertama diluncurkan pada Maret 2020 silam. Dengan cepat menjadi aplikasi yang di perbincangan dari Silicon Valley.


Hingga Januari 2021 Aplikasi Clubhouse tersebut berhasil memikat setidaknya 12 Juta pengguna aktif Mingguan. Mengingat akan "sibuknya" pengguna yang semakin meningkat tentu Clubhouse harus menyiapkan server yang lebih cepat dan kapasitas yang memadai untuk menampung pengguna baru di kemudian hari.


Untuk pengembangan aplikasi Clubhouse versi Android dilakukan setelah mereka mendapatkan dana segar dari perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz pada bulan Januari 2021.


Dilansir dari laporan Axios, Clubhouse disuntik dana sebesar US$100 juta atau setara Rp. 1,4 Triliun dan memberikan Clubhouse valuasi sekitar US$1 miliar sekaligus menyandang status unicorn meski usianya kurang dari dua tahun.


Sangat menarik untuk ditunggu gebrakan dan inovasi baru dari aplikasi Clubhouse ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda