Fitur Backup Chat WhatsApp Akan di Enkripsi Password - Andro-ID

Rabu, 10 Maret 2021

Fitur Backup Chat WhatsApp Akan di Enkripsi Password

ANDRO-ID : Keamanan layanan backup cloud milik WhatsApp dikabarkan akan ditingkatkan. Nantinya untuk bisa mengakses fitur backup ini akan diperlukan password sebagai proteksi.


Fitur Backup Chat WhatsApp Akan di Enkripsi Password

Sebenarnya fitur ini telah dikembangkan sejak tahun lalu oleh pengembang aplikasi WhatsApp yaitu WABetainfo.


Dalam laporannya mereka memamerkan bagaimana fitur ini bekerja. Yaitu saat ditemukan akses tidak resmi pada Cloud WhatsApp akun pengguna maka akan segera merespone dengan meminta password. Password tersebut dapat di atur oleh pengguna dan akan digunakan untuk meng-enkripsi backup kedepannya dan seterusnya.


Password yang diatur bukan untuk keamanan backup saja, melainkan juga sebagai pengaman saat melakukan restore atau pemulihan data ke perangkat.


Menurut WABetainfo bahwa panjang password yang dibutuhkan setidaknya 8 karakter. Dan diperlukan konfirmasi ke nomor ponsel akun WhatsApp setiap kali ditemukan aktifitas atau akses yang tidak wajar pada cloud server WhatsApp.


Namun WhatsApp menginformasikan bahwa tidak akan ada fitur untuk mengatur ulang password jika pengguna lupa. Hal ini untuk menghindari jika ponsel pemilik akun WhatsApp hilang sehingga tidak ada akses. Jadi sebaiknya pengguna memilih password yang mudah diingat, unik dan aman.


Tetapi WhatsApp juga menegaskan bahwa enkripsi password tersebut tidak berlaku untuk server lanjutan. Artinya adalah jika pengguna melakukan backup di Google Drive dan iCloud maka keamanan dari backup menjadi tanggungjawab penyedia cloud server. Enkripsi WhatsApp berlaku pada akses awal aplikasi menuju ke backup cloud saja.


Enkripsi ini sangat penting mengingat perlunya peningkatan pada sektor keamanan data dan privasi pengguna. Secara teoritis ini dapat mencegah orang lain mengakses riwayat percakapan tanpa izin pemilik asli.


WhatsApp juga menegaskan bahwa kebijakan baru ini tidak akan berpengaruh pada keamanan pesan pesonal pengguna. Ini sebagai respone atas munculnya opini publik yang memicu kekhawatiran pengguna bahwa WhatsApp akan berbagi lebih banyak informasi kepada induk perusahannya yaitu Facebook.


Kita tunggu saja pembaruan kebijakan WhatsApp yang dikembangkan oleh WABetainfo. Seperti yang sudah banyak di dengar bahwa WABetainfo memiliki rekam jejak yang sangat bagus dalam pengembangan fitur dan keamanan aplikasi WhatsApp.


Jauh sebelum fitur menambahkan kontak melalui kode QR atau pesan menghilang (Disappearing Messages), WABetainfo sudah menjadi yang pertama mengujinya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda