Fix Google Play Service Android Boros Baterai dan Memori - Andro-ID

Jumat, 05 Maret 2021

Fix Google Play Service Android Boros Baterai dan Memori

ANDRO-ID : Google Play Service atau bisa disebut juga Layanan Google Play memiliki peran yang sangat penting dalam pengoperasian smartphone aplikasi di android. Namun pengguna banyak mengeluhkan tentang optimasi daya dan penggunaan memori Google Play Service yang dianggap sangat rakus.


Dari waktu ke waktu pembaruan Google Play Service semakin mengembangkan sistem keamanan pengguna. Dan jika kita tidak memperbaruinya maka bisa berdampak pada masalah di beberapa fungsi aplikasi terhubung lainnya.



Fix Google Play Service Android Boros Baterai dan Memori


Kali ini kita akan membahas beberapa fungsi dari aplikasi Google Play Service, penyebab Google Play Service boros baterai dan memori serta cara mengatasinya.


Fungsi Aplikasi Google Play Service


Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi Google Play Service memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung kinerja sebuah aplikasi lainnya. Tanpa aplikasi Google Play Service maka android tidak bisa merespone aplikasi yang terinstal dan sangat terikat kepadanya.


Beberapa contoh aplikasi yang membutuhkan Google Play Service agar bisa berjalan dengan baik adalah :

  • Gojek
  • Grab
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Bukalapak
  • Aplikasi Google (Gmail, Youtube)
  • Aplikasi Games dengan sinkronasi Google Akun
  • Dan aplikasi lain yang membutuhkan akses ke akun Google anda


Dilihat dari contoh aplikasi yang membutuhkan Google Play Service diatas maka bisa dikatakan bahwa Google Play Service tersinkronasi dengan aplikasi yang populer. Itulah kenapa sangat penting dalam sebuah smartphone android.


Penyebab Aplikasi Google Play Service Boros Baterai dan Memori


Tidak sedikit yang bertanya bagaimana bisa aplikasi besutan raksasa Google ini memiliki optimasi baterai dan memori yang buruk. Sehingga pengguna android mengeluhkannya karena pentingnya aplikasi ini terinstal dan selalu update otomatis tanpa notifikasi persetujuan dari penggunanya.


Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan aplikasi Google Play Service ini boros baterai dan juga memori ram.


1. Update Otomatis di Background


Mau tidak mau aplikasi Google Play Service akan selalu melakukan download dan instalasi secara otomatis jika ada pembaruan. Bahkan tidak perlu persetujuan dari penggunanya.


Ini bertujuan untuk meningkatkan patch keamanan yang dilakukan pihak Google dan hukumnya wajib. Proses seperti ini akan memakan banyak memori ram dan juga penggunaan prosesor yang tinggi, sehingga daya baterai juga akan terserap dengan cepat saat Google Play Service memproses pembaruan.


2. Sinkronasi Aplikasi Google


Aplikasi Google seringkali melakukan sinkronasi di latar belakang. Meliputi data Gmail, Kontak, Lokasi, Fitur Find Device, History Browser, Keamanan Sandi, dan sebagianya.


Sama halnya penggunaan memori ini memaksa dapur pacu sistem android bekerja maksimal sehingga akan menguras daya dan memori ponsel dengan sangat cepat.


3. Banyaknya Aplikasi yang Dijalankan Pemicu Wakelock


Jika menjalankan aplikasi atau game yang bergantung dengan peran Google Play Service secara berlebihan atau bersamaan maka dipastikan akan terjadi overhead pada penggunaan cpu dan memori.


Hal ini juga akan berdampak pada semakin besarnya kebutuhan daya baterai dan memori.


Cara Mengatasi Aplikasi Google Play Service Boros Baterai dan Memori


Cara mengatasi Google Play Service Boros memori dan baterai akan saya bagi dalam 2, bagian. Silahkan ikuti caranya dibawah ini.


1. Cara Untuk Android No Root


Memang untuk android default atau tanpa root akan memiliki keterbatasan dalam akses lebih dalam ke bagian sistem android. Namun anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasi Google Play Service Boros Baterai dan Memori.


Berikut ini tips untuk pengguna android no root agar Google Play Service lebih irit memori dan penggunaan baterai :

  • Disable Auto Sinkronasi di menu pengaturan
  • Kurangi penggunaan aplikasi berlebihan
  • Nonaktifkan GPS Lokasi
  • Tutup atau hentikan aplikasi yang berjalan di background service jika tidak digunakan


2. Cara Untuk Android Root


Untuk pengguna android root hal yang bisa anda lakukan akan lebih banyak dalam menganalisa dan mengatur agar Google Play Service bisa optimal baik dari segi penggunaan baterai maupun memori ram. Hal ini dikarenakan android Root memiliki hak istimewa dan mampu mengakses file sistem melalui file SU Binary.


Beberapa syarat sebelum melakukan tutorial Fix Google Play Service Boros Baterai dan Memori adalah sebagai berikut :

Langkah selanjutnya jalankan aplikasi My Android Tools. Saat izin Superuser pilih Allow atau Setuju.


Kemudian masuk ke menu Broadcast Receiver dan pilih tab System yang ada di kolom bagian kanan. Lalu klik ikon Search di kanan atas dan ketikkan Play.


Selanjutnya pilih Google Play Service. Lalu ketikkan pencarian dengan kata Analytic. Disable AnalyticsReceiver dengan cara menggeser tombol yang ada hingga tulisan berubah warna menjadi merah.


Cari dengan kata kunci sche lalu disable SchedulerInternalReceiver dan SchedulerReceiver.


Masih di pengaturan Google Play Service, kemudian ubah kata pencarian dengan kata meas dan disable AppMeasurementReceiver dan PackageMeasurementReceiver. Aplikasi My Android Tools akan otomatis tertutup. Jangan khawatir ini normal.


Khusus untuk pengaturan disable PackageMeasurementReceiver akan kembali normal saat ponsel di nonaktifkan atau reboot. Anda bisa men-disable ulang PackageMeasurementReceiver setiap kali ponsel di restart.

Buka lagi aplikasi My Android Tools pilih menu Broadcast Receiver kemudian pilih tab system seperti diatas tadi dan ketikkan pencarian dengan kata Play. Kali ini kita akan memilih aplikasi Google Play Store.


Pada tampilan daftar ketik pencarian dengan kata fire dan disable FirebaseInstanceIdReceiver.


Selesai, sampai disini semua pengaturan sudah anda terapkan. Anda bisa langsung merasakan perbedaan dimana aplikasi Google Play Service akan lebih irit dalam penggunaan baterai dan memori ram karena kita sudah mengurangi beberapa fungsi yang memicu wakelock berlebihan.


Cara ini relatif membantu dan bahkan bisa anda terapkan pada semua device android root.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda